oleh

Sambut Hari Pahlawan, TNI dan Warga Kerja Bakti Massal

PALANGKA RAYA – Komando Distrik Militer (Kodim) 1016/Plk, Polri, Pemerintah dan pelajar, bersama-sama membersihkan taman kota dan pasar, di Kabupaten Gunung Mas (Gumas), Minggu (10/11/2019). Kegiatan Karya Bhakti ini untuk menyambut Hari Pahlawan yang jatuh pada setiap tanggal 10 November.

Komandan Kodim (Dandim) 1016/Plk, Letkol Inf I Gede Putra Jaya mengatakan, setidaknya ada sekitar 750 orang yang turut terlibat dalam karya bhakti ini. Mulai dari TNI, Polri, Polisi Pamong Praja, masyarakat, hingga para pelajar. Ini menunjukan kebersamaan TNI dan seluruh elemen masyarakat, ada untuk bangsa Indonesia.

Baca Juga :  Antrean di Dukcapil Berujung Ricuh

“Ini simbol dari kebersamaan untuk kepentingan bersama demi bangsa ini. Maksud yang lebih jauh lagi, supaya patriotisme yang dulunya diperjuangkan oleh pahlawan, bisa terus tersalurkan sampai saat ini,” tutur I Gede.

Baca Juga :  Program Kampung Berkah Bentuk Dukungan Terhadap Pemerintah

Dalam kegiatan Karya Bhakti ini, I Gede menjelaskan, pihaknya menggunakan perlengkapan sederhana. Seperti mesin paras, sapu lidi dan perlengkapan bersih-bersih lainnya.

Hal itu, tentunya juga memiliki maksud. Menurut I Gede, penggunaan perlengkapan sederhana ini juga mencerminkan perjuangan para pahlawan terdahulu. Di mana demi memerdekakan bangsa ini, para pahlawan hanya menggunakan perlengkapan dan senjata sederhana.

“Kami menggunakan perlengkapan sederhana. Ini seperti pahlawan yang juga menggunakan bambu runcing untuk melawan penjajah,” jelas Dandim.

Baca Juga :  Dewan Dorong Masyarakat Kotim Budidayakan Porang

Dia menambahkan, karya bhakti ini juga untuk menumbuhkan jiwa nasionalisme dan patriotisme di antara TNI-Polri dan seluruh elemen masyarakat.

“Dengan rasa nasionalisme dan patriotisme, kita lanjutkan perjuangan para pahlawan, minimal dengan cara yang paling sederhana,” imbuhnya. (red)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

BACA JUGA