oleh

RSAB Betang Pambelum Buka Poli Gizi Layanan

PALANGKA RAYA – Rumah sakit Awal Bros Betang Pambelum membuka Poli Gizi dengan layanan unggulan pemeriksaan genetik/genomic. Pemeriksaan ini merupakan terobosan dan teknologi baru yang dapat menjawab kebutuhan yang ada pada masyarakat saat ini.

Ada dua jenis pemeriksaan genetik, yaitu pemeriksaan nutrigenomik (nutriGEN-ME) & skingenomik (skinGEN-ME). NutriGEN-ME merupakan pemeriksaan genetik yang dapat menganalisa variasi DNA yang berkaitan pada metabolisme nutrisi dan olahraga.

Pemeriksaan ini dilakukan dengan menganalisa 76 marka gen yang terbagi ke dalam 11 panel. Sebelumnya akan dilakukan pengambilan sample berupa air liur. Sample akan dikirim ke laboratorium canada, setelah hasilnya keluar kurang lebih satu bulan, dokter spesialis gizi RSAB Betang Pambelum akan menterjemahkan hasilnya, sehingga mudah dipahami.

Baca Juga :  Umi Mastikah : Sanksi Denda Bukan Membebani Masyarakat

Menurut dr Ni Nyoman Sri Yuliani Sp GK, spesialis Gizi RSAB Betang Pambelum, pemeriksaan ini cukup dilakukan sekali seumur hidup dan hasilnya tidak akan berubah. Karena DNA manusia akan tetap sama.

Baca Juga :  Ratusan Warga Palangka Raya Dinyatakan Reaktif. Ini Penjelasannya

“Dengan bacaan profil lengkap, seseorang itu dapat memahami kondisi tubuhnya secara detail dan dapat diberikan panduan untuk pilihan nutrisi serta olahraga yang tepat agar tetap sehat dan bugar,” kata Sri Yuliani kepada inikalteng.com, Jumat (24/1/2020).

Selain itu, salah satu panel pemeriksaan akan dapat memberikan gambaran detail apakah seseorang itu punya kecenderungan terkena penyakit jantung, diabetes, kanker atau penyakit kritis lainnya.

Setelah mengetahui kecenderungan, maka sekaligus dapat diketahui nutrisi dan olahraga apa yang tepat untuk mencegah dan menanggulanginya. Bagi masyarakat yang mengalami permasalahan berat badan apakah kelebihan atau kekurangan berat badan, juga sangat terbantu dengan memahami nutrisi dan diet yang tepat baik untuk anak-anak maupun dewasa.

Baca Juga :  Media Miliki Fungsi Sebagai Lembaga Ekonomi

Pembukaan Poli Gizi ini dikemas dalam acara seminar yang mencakup dua sesi, dan diikuti oleh dokter-dokter serta masyarakat umum. Beberapa dokter spesialis di RSABBP sangat tertarik dan langsung melakukan pemeriksaan. (dod/red)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

BACA JUGA