oleh

Ribuan Pemuda Padati Festival Ganjar Pranowo Presiden 2024 di Palangka Raya

PALANGKA RAYA, inikalteng.com – Banyak cara dilakukan untuk mengekspresikan aspirasi kepada Ganjar Pranowo Presiden 2024. Salah satunya, seperti yang dilakukan Orang Muda Ganjar (OMG) Kalteng, yang menggelar Festival Rakyat Sehat dalam Bingkai Kemerdekaan.

Bertempat di Taman Nasional Sebangau, Palangka Raya, Minggu (7/8/2022), sejak pagi hari ribuan warga sudah mengantri untuk mengikuti kegiatan yang diselenggarakan di Taman Nasional Sebangau, Palangka Raya. Tercatat tidak kurang dari 2,000 warga menghadiri kegiatan yang diisi dengan acara senam massal, medical check up, vaksinasi, serta khitanan.

Beny Parulian, selaku Koordinator OMG Kalteng, mengungkapkan pentingnya kegiatan tersebut untuk mengonsolidasikan para pendukung Ganjar Pranowo, melalui pendekatan kesehatan dan hiburan rakyat.

“Selama beberapa bulan terakhir, kami sudah berkonsolidasi dengan beberapa himpunan mahasiswa di Kalimantan Tengah. Alhamdullilah mereka memberikan respon positif, karena memang sebelumnya sudah mengenal sosok Pak Ganjar, sehingga tidak sulit untuk mengajak rekan mahasiswa di Kalteng untuk terlibat dan ambil bagian,” ungkapnya.

“Kami coba melakukan pendekatan melalui festival ini kepada masyarakat di Kalimantan Tengah. Karena kegiatan hiburan di sini sudah vakum lumayan lama, yang sekaligus membangun aktifitas pariwisata dan ekonomi kerakyatan di kawasan Kereng Bangkirai,” tambahnya.

Baca Juga :  Mantan Ketua DPRD Kritik Pelayanan Kantor ATR/BPN Gumas

Tidak itu saja, Beny mengaku senang dan puas dengan kegiatan itu. Pasalnya jumlah masyarakat yang hadir melampaui target yang ditentukan sebelumnya, yakni 1000 peserta.

“Ketika pertama kali kita menyosialisasikan kegiatan tersebut kepada masyarakat di kecamatan maupun kelurahan di Palangka Raya ini, mereka menyambut baik undangan kami. Hal tersebut tidak terlepas dari sosok Pak Ganjar yang sebelumnya memang sudah dikenal sebagai pemimpin yang terbuka, merakyat, dan jujur,” terangnya.

Melalui pendekatan yang selaras dengan karakter Ganjar, Beny menargetkan ribuan orang lagi akan bergabung ke dalam Relawan OMG, sehingga wadah tersebut memiliki kekuatan yang cukup masif dalam menyebarluaskan informasi maupun program dari Ganjar Pranowo ke depannya.

“Berangkat dari akar rumput dengan membawa semangat nasionalisme dan falsafah Huma Betang, seperti yang ditunjukkan oleh Pak Ganjar selama ini. Hari ini kita melihat Pak Ganjar membawa spirit tersebut untuk Indonesia, sehingga kami semakin yakin dukungan ini memberikan hasil yang optimal sesuai dengan target,” tutup Beny Parulian.

 

Aspirasi Masyarakat Lapisan Bawah

Terpisah saat ditemui di sela Festival Rakyat Sehat, Pancar Setiabudhi yang merupakan aktivis, sekaligus Koordinator Nasional OMG, mengungkapkan pengalamannya ketika pertama kali membentuk OMG untuk menjadi wadah generasi muda di daerah-daerah.

Baca Juga :  Pemkab Mura Raih Rekor Muri, Pagelaran Kongkurung Peserta Terbanyak

“Beberapa bulan lalu kita membentuk Relawan OMG ini dengan menghubungi rekan-rekan mahasiswa sesama aktivis di daerah, untuk menggerakan masyarakat dan membentuk Koordinator Wilayah. Responnya sangat positif dan kuat, karena nama Pak Ganjar memang sudah ada di benak anak muda,” ujarnya.

Suasana Festival Rakyat Sehat dalam Bingkai Kemerdekaan, yang dilaksanakan OMG Kalteng. (foto: ka)

Sementara ketika ditanya bagaimana strategi sosialisasi atau bentuk kegiatan yang dilakukan di daerah-daerah, Pancar mengaku sudah berkoordinasi dengan Koordinator Wilayah masing-masing untuk menyelenggarakan sosialisasi yang sesuai dengan kebutuhan setiap daerah.

“Kita melakukan diskusi panjang, identifikasi dengan Koordinator Wilayah dan tokoh setempat, agar kegiatan dilakukan sesuai dengan karakter dan target setiap daerah,” katanya.

Pancar juga mengungkap, bahwa kegiatan tersebut tidak hanya hiburan masyarakat saja, melainkan juga menyentuh persoalan mendasar masyarakat, berupa bantuan kepada nelayan, petani, penjahit, dan pemulung dalam bentuk fasilitas penunjang produksi.

“Strategi sosialisasi yang dilakukan tidak hanya hiburan masyarakat saja, kami memberikan dukungan pada kebutuhan mendasar nelayan, petani, dan beberapa variable lainnya. Contohnya, pemberian pupuk terhadap petani atau memberikan mesin pencacah terhadap pemulung,” ungkapnya.

Baca Juga :  Media Massa di Kalteng Diharapkan Tetap Eksis di Tengah Pandemi Covid-19

Tidak itu saja, strategi yang dilakukan pun beragam. Di mana OMG mengupayakan setiap sosialisasi yang dilakukan seoptimal mungkin, sehingga memberikan nilai dan manfaat dalam jangka panjang.

Harapannya, OMG dapat menjadi wadah aspirasi dan kepanjangan tangan program dari Ganjar Parnowo yang merupakan sosok yang memerhatikan masyarakat bawah.

“Karena aksi beliau yang menyentuh masyarakat, sehingga memunculkan perhatian dari masyarakat sebagai pemimpin yang ideal dan ditunggu-tunggu masyarakat selama ini. Beliau merupakan sosok yang dapat menjawab tantangan dan persoalan pendidikan, UMKM, dan nilai-nilai kebudayaan yang dibutuhkan masyarakat Indonesia selama ini,” ungkapnya.

“Kegiatan ini sudah dilakukan di lima wilayah setelah sebelumnya Yogyakarta, Kalimantan Barat, Jawa Barat, dan Kalimantan Timur. Kita akan terus berkomitmen untuk mengawal Pak Ganjar dengan kegiatan sosialisasi seperti ini, sampai dengan 2024. Setelah ini kegiatan akan dilakukan di Kalimantan Timur, Jawa Timur, Sumatera Utara, Lampung, dan Jambi,” tutup Pancar Setiabudhi. (ka/red2)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

BACA JUGA