oleh

Renja Perangkat Daerah Diharapkan Mengakomodir Usulan Masyarakat

MUARA TEWEH – Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Tingkat kecamatan yang melibatkan seluruh perangkat daerah lingkup Pemerintah Kabupaten Barito Utara (Pemkab Barut), diharapkan membuat rancangan rencana kerja (renja) yang menyerap sebanyak mungkin usulan prioritas dari masyarakat di daerah. Sehingga nantinya dapat didiskusikan bersama dalam Musrenbang Tingkat Kabupaten Barut yang dijadwalkan pada minggu pertama Maret 2020 mendatang.

Hal itu diungkapkan Bupati Barut H Nadalsyah ketika membuka Musrenbang Tingkat Kecamatan Teweh Tengah, baru-baru ini.

Baca Juga :  UMP 2020 Mulai Berlaku 1 Januari

“Saya sangat berharap rencana kerja perangkat daerah untuk mengakomodir sebanyak mungkin usulan prioritas dari kecamatan. Sehingga prioritas program dan kegiatan pada masing-masing perangkat daerah nantinya benar-benar mampu mengakomodir usulan dari masyarakat di daerah,” kata Nadalsyah.

Guna mengakomodir perencanaan dari program pemerintah pusat, menurut Bupati Barut, renja perangkat daerah ini nantinya akan dientri lagi untuk diupload melalui Sistem Informasi Manajemen Daerah (SIMDA) Perencanaan. Sistem tersebut nantinya secara otomatis akan mengunci usulan prioritas yang masuk dan telah disepakati oleh pemerintah daerah bersama DPRD setempat.

Baca Juga :  Kafilah MTQ Nasional XXVIII Resmi Dilepas

Untuk itu, Nadalsyah juga meminta kepada seluruh Camat, Lurah dan Kepala Desa di Kabupaten Barut, agar dapat memberikan informasi valid serta pengertian kepada masyarakat soal keterbatasan dan kemampuan anggaran yang ada. Sebab, kemungkinan tidak semua yang diusulkan dapat diakomodir pada anggaran tahun depan.

“Namun, meskipun dengan keterbatan finansial, pada prinsipnya Pemkab Barut akan terus berupaya untuk mengakomodirnya pada tahun anggaran berikutnya. Dalam hal ini, sangat dibutuhkan kesabaran untuk menyikapinya,” harap Nadalsyah.

Baca Juga :  Bandara Tjilik Riwut Hentikan Sementara Layanan Penerbangan Komersil

Di bagian lain, disampaikan Bupati, bahwa tingkat pertumbuhan ekonomi Kabupaten Barut diyakini bakal semakin baik dan meningkat. Hal ini seiring membaiknya harga beberapa komoditas di daerah dan diharapkan berdampak pada lajunya pertumbuhan ekonomi masyarakat di kabupaten berjuluk Bumi Iya Mulik Bengkang Turan ini.(red)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

BACA JUGA