oleh

Rejekinoor Sampaikan Paparan Keterbukaan Publik

MURUNG RAYA – Wakil Bupati Murung Raya (Mura) Rejikinoor, menyampaikan paparan terkait Keterbukaan Publik, dalam rangkaian kegiatan monitoring dan evaluasi keterbukaan informasi publik Provinsi Kalteng berdasarkan hasil visitasi, Badan Publik yang masuk dalam 6 peringkat teratas.

Kegiatan yang dilaksanakan di ruang smart province, Kamis (3/12/2020), PPID Utama Mura yang masuk 6 besar mengikuti pemaparan dan presentasi, dalam layanan yang memiliki nilai keterbukaan informasi publik. Mewakili Bupati Murung Raya, Rejikinoor didampingi Kadis Kominfo SP Mura Bimo Santoso, melakukan pemaparan dihadapan Komisi Informasi (KI) Kalteng.

Baca Juga :  UPR Deklarasikan Fakultas Teknik dan FISIP sebagai Zona Integritas

Dalam paparannya, Wakil Bupati Mura, menyebutkan, Keterbukan Informasi Publik UU No 14 Tahun 2008 memberikan jaminan kepada mayarakat memeroleh informasi publik untuk meningkatkan peran aktif masyarakat dalam penyelenggaraan negara, baik pada tingkat pengawasan, pelaksanaan penyelenggaraan negara, maupun pada tingkat pelibatan selama proses pengambilan keputusan publik.

Selain itu, memberikan kewajiban kepada Badan Publik untuk meningkatkan pengelolaan dan pelayanan informasi, serta membuka akses atas Informasi Publik, baik secara aktif (tanpa didahului permohonan) maupun secara pasif (dengan permohonan oleh Pemohon).

Baca Juga :  Pasien RSDS Positif Covid-19 Kembali Bertambah Satu Orang

Plt Kepala Dinas Komunikasi, Informasi, Persandian, dan Statistik (Diskominfosantik) Kalteng Agus Siswadi, mengapresiasi PPID yang telah berkontribusi dan tetap menjalankan tugas walau di masa pandemi.

Sementara itu Ketua KI Kalteng Daan Rismon, menyampaikan ucapan terima kasih atas partisipasi PPID Kabupaten dan Kota atas pelaksanaan pelayanan keterbukaan publik di daerah.

Baca Juga :  Bupati Barut Tinjau Bandara HM Sidik

“Kegiatan ini adalah hasil penilaian atas laporan PPID Kabupaten dan Kota dari KI terhadap kabupaten dan kota yang memiliki nilai keterbukaan informasi publik. Di mana dalam kategori masuk nominasi, dan dalam paparan akan ditanya salah satunya bagaimana komitmen dari pimpinan daerah terhadap keterbukaan informasi di wilayahnya, inovasi apa yang dilakukan oleh daerah untuk membangkitkan atau mengembangkan informasi publik, dan lainnya,” terangnya. (ist/MC DiskominfoSP Mura)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

BACA JUGA