oleh

Ratusan Rumah Warga Perumnas di Palangka Raya Tergenang Air

Akibat Drainase Buruk dan Menyempit

PALANGKA RAYA – Hujan deras yang melanda wilayah Kota Palangka Raya sejak Sabtu (4/1/2020) malam, sekitar pukul 22.00 WIB hingga Minggu (5/1/2020) dini hari, membuat banyak rumah warga setempat tergenang air. Otomatis jalan-jalan utama di lingkungan perumahan, juga tergenang air yang ketinggiannya mencapai lutut orang dewasa.

Salah satu kawasan pemukiman warga yang tergenang air akibat hujan deras ini, adalah Perumnas Bumi Palangka III. Di kawasan ini terdapat ratusan rumah warga dengan jalur utama Jalan Bondol dan Jalan Jatayu Raya, serta puluhan jalan lingkungan. Kesemua jalan tersebut tergenang air berikut hampir semua rumah warga.

Baca Juga :  Dishub dan Polres Kotim Diminta Tindak Truk Masuk Dalam Kota

Pantauan inikalteng.com, hujan deras tersebut berlangsung beberapa jam dari sejak sekitar pukul 22.00 WIB. Hingga sekitar dua jam kemudian, terjadi genangan air cukup dalam. Namun hujan tak kunjung reda, bahkan kembali turun lebih deras. Ditambah kondisi drainase kawasan sekitar yang buruk dan tersumbat, membuat genangan air makin tinggi hingga menggenangi rumah warga.

“Air makin naik dan menggenangi rumah. Saya saat itu memang belum tidur, kaget lihat air masuk ke dalam rumah,” ujar Jati, salah seorang warga Jalan Jatayu, Minggu, dini hari.

Baca Juga :  Kades Terpilih Wajib Bawa Kemajuan bagi Daerah

Bukan hanya Jati sekeluarga yang tidak bisa tidur akibat genangan air ini, tapi juga warga di sekitarnya. Bahkan warga yang sebelumnya tertidur pulas, terpaksa bangun dan sibuk menguras air yang masuk ke dalam rumahnya.

Warga menduga, genangan air kali ini akibat buruknya drainase di kawasan setempat. Sehingga aliran air tersumbat hingga menggenangi jalan dan hunian warga.
“Pasti ini karena drainase yang buruk, membuat aliran air tertahan,” tambah Jati, yang diiyakan sejumlah warga lainnya di wilayah RT 14 RW 14 tersebut.

Warga setempat berharap, permasalahan ini bisa diatasi oleh Pemerintah Kota Palangka Raya, khususnya untuk memperbaiki kondisi drainase di jalan utama dan jalan-jalan di lingkungan perumahan yang buruk dan kian menyempit.

Baca Juga :  Seorang PNS BPKAD Barsel Ditemukan Sudah Tidak Bernyawa

“Apa guna jalan bagus, tapi drainasenya tidak diperhatikan. Harusnya sejalan, kalau perlu drainase harus diutamakan agar masyarakat terhindar dari ancaman banjir. Apalagi sekarang ini sedang musim hujan. Khawatir kejadian seperti ini akan terulang lagi jika tidak segera diatasi,” kata warga lainnya.

Dia juga mengimbau kepada masyarakat, agar selalu membersihkan drainase di sekitar rumah dan tidak membuang sampah sembarangan ke parit.(red)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

BACA JUGA