oleh

Pusdiklat Paskibraka Kalteng 2022 Resmi Dibuka

PALANGKA RAYA, inikalteng.com – Pemusatan Pendidikan dan Latihan (Pusdiklat) Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) Kalteng 2022, resmi dibuka Sekda Kalteng H Nuryakin, di Aula Eka Hapakat, Kantor Gubernur Kalteng, Senin (8/8/2022).

Gubernur Kalteng H Sugianto Sabran dalam sambutannya yang dibacakan H Nuryakin, menyampaikan ucapan terima kasih dan penghargaan kepada Pemerintah Kabupaten dan Kota yang sudah mengirimkan peserta Calon Paskibraka, yang dinyatakan lulus seleksi tingkat provinsi, sehingga dapat mengikuti Pusdiklat. Pasalnya Pengibaran Bendera Pusaka dalam rangka Peringatan HUT ke-77 Kemerdekaan Republik Indonesia, merupakan upacara yang sangat sakral.

Baca Juga :  DPU Gumas Respons Pantauan Dewan Terhadap Proyek Multiyears

“Upacara ini pada hakekatnya sebagai ungkapan syukur atas kemerdekaan yang telah dianugerahkan Tuhan Yang Maha Esa, juga penghargaan atas jasa para Pahlawan, serta tekad bersama untuk terus menjaga NKRI dan membangun kejayaan bangsa,” katanya.

Lebih lanjut, Nuryakin, menuturkan, Pemprov Kalteng sedang mempersiapkan 51 orang calon anggota Paskibraka untuk bertugas melaksanakan pengibaran dan penurunan Bendera Merah Putih pada Upacara HUT ke-77 Kemerdekaan RI pada 17 Agustus 2022 nanti.

“Rangkaian kegiatan Paskibraka, mulai dari seleksi, Pemusatan Diklat, sampai pelaksanaan Pengibaran dan Penurunan Bendera Pusaka, merupakan mata rantai yang tak bisa dipisahkan satu dengan yang lain. Keberhasilan seluruh rangkaian kegiatan itu perlu kerja sama, sinergi, kekompakan, dan kedisiplinan Calon Paskibraka, Pelatih, Panitia, Pendamping, Tim Kesehatan, serta semua pihak terkait,” pungkas H Nuryakin.

Baca Juga :  Perkuat Nilai-nilai Pancasila untuk Anak Didik Sejak Dini

Sementara Plt Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Kalteng Iswahono, menyebutkan, peserta seleksi Paskibraka tingkat Provinsi Kalteng 2022 adalah utusan dari 13 kabupaten dan 1 kota yang telah melalui tahapan seleksi, mulai dari seleksi tingkat sekolah, kecamatan, kabupaten, dan kota. Hasil seleksi Calon Paskibraka pada tingkat kabupaten dan kota, dikirim empat orang masing-masing dua putra dan dua putri, dengan jumlah untuk tingkat nasional dan provinsi berjumlah 56 orang.

Baca Juga :  Mahasiswa Faperta UPR Raih Prestasi di Ajang LKTI

“Dari hasil seleksi Calon Paskibraka tingkat Provinsi Kalteng tersebut, dua orang yakni satu putra dan satu putri mengikuti Pusdiklat tingkat nasional dan sudah dilepas secara resmi oleh Wakil Gubernur Kalteng pada 12 Juli 2022. Sekarang sudah mengikuti Pusdiklat Calon Pakibraka nasional, yang dimulai 15 Juli 2022 sampai dengan 26 Agustus 2022, di Depok, Jawa Barat,” tutup Iswahono. (ka/red2)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

BACA JUGA