oleh

Puluhan Wartawan Kalteng Dilatih Menulis Berita Olahraga

PALANGKA RAYA – Sebanyak 30 orang jurnalis dilatih menulis berita olahraga dan bagaimana mengabadikan momen yang dianggap bagus dalam kegiatan olahraga.

Kegiatan yang dibuka oleh Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Kalteng Falery Tuwan ini, dilaksanakan oleh Seksi Wartawan Olahraga (SIWO) PWI Kalteng dan dihadiri Ketua Komite Nasional Olahraga Indonesia (KONI) Kalteng Eddy Raya Samsuri bertempat di Hotel Aquarius Palangka Raya, Jumat (23/10/2020).

“Pemberitaan di bidang olahraga berperan cukup penting dalam mengangkat kemajuan daerah di bidang olahraga. Terutama menghadapi Pekan Olahraga Nasional (PON), dan kegiatan olahraga lainnya yang membawa nama baik daerah,” jelas Ketua PWI Kalteng HM Haris Sadikin dalam sambutannya pada acara pembukaan kegiatan tersebut.

Dikatakan, kegiatan Pelatihan Menulis Berita Olahraga ini merupakan bentuk dukungan nyata dari pemerintah daerah kepada PWI Kalteng dalam bersinergi melaksanakan program peningkatan kualitas SDM wartawan.

“Selaku pengurus PWI, kami berterima kasih kepada Pemprov, KONI Kalteng dan mitra kerja yang memberikan dukungan dan semangat untuk bersama-sama dalam mengangkat informasi daerah Kalteng, khususnya di bidang olahraga,” ucap Haris.

Baca Juga :  Sejumlah Wartawan Senior PWI Dipercaya Duduki Jabatan Strategis

SIWO PWI Kalteng, ungkap Haris, bersama PWI Kabupaten se-Kalteng, kini sedang giat-giatnya berlatih guna menghadapi Pekan Olahraga Wartawan Nasional (Porwanas) 2021, yang akan digelar di Malang, Jawa Timur. Mengingat, PWI Kalteng nantinya akan mempertahankan prestasi sebagai Juara III Porwanas pada tahun 2016 di Bandung, Jawa Barat. Hal itu, tentu memerlukan dukungan dan semangat dari Pemprov Kalteng dan juga KONI Kalteng dalam membantu atlet PWI meningkatkan prestasi olahraga. “Semoga PWI Kalteng dapat mempertahankan Juara III Nasional dalam Porwanas 2021 mendatang,” kata Haris.

Sementara itu, Kepala Dispora Kalteng Falery Tuwan sebelum membuka kegiatan pelatihan ini, mengaku bangga dengan atlet PWI Kalteng yang sudah bisa meraih hasil luar biasa di pentas nasional. Hal itu hendaklah menjadi acuan dalam olahraga di Kalteng untuk meraih prestasi terbaik di tingkat nasional.

Baca Juga :  Anggota PWI dan IJTI Terima Bantuan dari Sugianto Sabran

“Kami bangga dengan prestasi PWI Kalteng dalam Porwanas. Dispora siap bersinergi, siap bekerja sama dalam hal sarana dan fasilitas olahraga untuk membantu PWI Kalteng meningkatkan prestasi olahraga di Kalimantan Tengah,” tandas Falery Tuwan.

Di tempat sama, Ketua KONI Kalteng Eddy Raya Samsuri mengapresiasi pelaksanaan Pelatihan Menulis Berita Olahraga ini. Karena akan membantu dan saling bersama-sama dengan KONI dalam menyampaikan informasi mengenai dunia olahraga di Kalteng, termasuk menyongsong kesiapan atlet Kalteng menghadapi Pekan Olahraga Nasional (PON) di Papua 2021.

“PWI Kalteng adalah bagian dari mitra kita, termasuk juga kawan-kawan wartawan bidang olahraga. KONI Kalteng juga siap bersinergi dalam upaya membantu mempertahankan dan bahkan meningkatkan kualitas atlet PWI Kalteng dalam menghadapi Porwanas 2021 di Malang, Jawa Timur,” kata Bupati Kabupaten Barito Selatan ini.

Baca Juga :  PWI Kalteng Salurkan Bantuan Mitra Kerja ke Masyarakat

KONI Kalteng, lanjut Eddy Raya, juga siap bersinergi dan berkolaborasi bersama PWI Kalteng dalam meningkatkan kualitas atlet SIWO. Apalagi PWI Kalteng sudah memiliki prestasi III Besar Nasional dalam Porwanas di Bandung 2016 lalu. “Prestasi itu harus dipertahankan dan bahkan tingkatkan menjadi nomor satu,” harapnya.

Pelatihan ini menghadirkan dua narasumber yang berkompeten, yakni Vincensius GL selaku Redaktur Olahraga Kalteng Pos dan Makna Zeezar selaku Wartawan Fotografer Kantor Berita Antara Kalteng.

Tampak hadir pula Ketua SIWO PWI Kalteng Wahyudi Hendra (Giben) bersama Sekretarisnya Indar Saksena. Sedangkan para peserta, terdiri atas wartawan media cetak, elektronik, radio, dan televisi, yang direkomendasikan oleh medianya masing-masing.

Pelaksanaan kegiatan ini tetap menaati protokol kesehatan Covid-19. Semua peserta, pemateri, panitia dan undangan, wajib menggunakan masker dan menjaga jarak sesuai anjuran pemerintah.(red)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

BACA JUGA