oleh

Potensi Kecamatan Harus Dioptimalkan

NANGA BULIK – Pemerintahan Kecamatan diharapkan berperan aktif dalam mengembangkan usaha baru dengan mengoptimalkan potensi yang ada. Sehingga dapat menciptakan lapangan kerja dan meningkatkan ekonomi masyarakat.

Harapan tersebut disampaikan Bupati Kabupaten Lamandau Hendra Lesmana pada Syukuran HUT Ke-15 Kecamatan Belantikan Raya, kemarin.

“Kami ingin potensi yang ada di Kecamatan agar dikembangkan. Di samping dalam menjalankan tugas pokok dan fungsi Camat, tentunya harus diperhatikan beberapa hal, yakni menerapkan tata kelola pemerintahan yang baik, sistem yang jelas dan terarah,” tambah Hendra.

Baca Juga :  Jelang Nataru, Masyarakat Diimbau Tidak Mudik

Selain itu, Camat juga harus dapat memerankan fungsi sebagai komunikator dan fasilitator yang baik antara Pemerintah Kabupaten dan masyarakat. Selalu melakukan koordinasi dalam pelaksanaan tugas, baik yang bersifat horizontal maupun vertikal.

“Lamandau adalah kapal besar. Semua lapisan masyarakat berperan di dalamnya. Karena itu, menjadi pekerjaan rumah besar bagi pemerintah daerah untuk memajukan Lamandau mulai dari jalan dan infrastruktur di kecamatan,” jelasnya.

Baca Juga :  Bupati Lamandau Hadiri Kegiatan Temu Usaha

Hendra meminta, Camat dan Kades di Belantikan Raya untuk proaktif mengajak dunia usaha untuk turutserta membangun daerah. Keterbatasan dana bukan menjadi alasan. Camat dan Kades harus mampu berinovasi dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat setempat.

“Masyarakat Belantikan Raya harus bersama-sama memajukan potensi yang dimiliki, agar memiliki daya saing dan kuat ekonomi. Masyarakatnya harus bersinergi dengan pemerintah daerah hingga pihak dunia usaha,” ujar Hendra.

Baca Juga :  Berharap Katingan Mendapat Banyak Kuota Program BSPS

Dia berharap, agar masyarakat lebih pro terhadap perubahan. Karena perubahan adalah keniscayaan. Tentunya masyarakat diharuskan dewasa dalam menyikapinya. Perekonomian masyarakat harus ditingkatkan dengan potensi perkebunan, seperti kopi dan lain-lain yang nantinya menjadi terobosan bagi kemajuan.(red)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

BACA JUGA