oleh

Polres Katingan Siap Amankan Pilkades Serentak

KASONGAN – Kepolisian Resort (Polres) Katingan siap mengamankan Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak yang akan dilaksanakan tahun 2019 ini.

Kesiapan tersebut ditandai dengan pelaksanaan Apel Gelar Pasukan dalam rangka pergeseran pasukan pengamanan pilkades. Kegiatan tersebut dilaksanakan Polres Katingan di halaman Mapolres setempat, baru-baru ini.

Kapolres Katingan, AKBP Andri Siswan Ansyah mengatakan, Pilkades bisa dikatakan sebagai penanda utama demokrasi, karena masyarakat diajak untuk ikut serta dalam menentukan kepala desa.

Baca Juga :  DPRD Gumas Apresiasi Pejuang RUU TPKS

Agenda demokrasi pada Pilkades seperti penyampaian pendapat di muka umum, kemerdekaan berserikat dan berkumpul serta jaminan keamanan pemilihan langsung oleh publik memilih kades merupakan tanggung jawab bersama.

“Pilkades serentak 2019 memiliki kompleksitas kerawanan dan karakteristik yang khas di masing-masing desa dan mengingat penting serta strategisnya pemilihan bagi keberlangsungan pemerintahan di wilayah Kabupaten Katingan,” ujar Kapolres.

Polres Katingan memiliki tanggung jawab untuk mengawal, menjaga dan mengamankan penyelenggaraan Pilkades serentak di 76 desa, melalui menajemen keamanan yang terpadu dan komprehensif serta memperkokoh kerjasama dan sinergitas dengan penyelenggara Pilkades, TNI, masyarakat dan mitra keamanan lainnya.

Baca Juga :  Gubernur Pantau Penyaluran BLT di Lamandau via Vidkon

Personil yang akan dilibatkan dalam pengamanan di 76 Desa yang melaksanakan Pilkades di wilayah Kabupaten Katingan sebanyak 176 orang berikut jajaran Polsek yang siap mengawal dan melaksanakan pengamanan secara maksimal.

“Berdasarkan perkiraan intelijen dan hasil rapat koordinasi kesiapan pengamanan bersama instansi terkait, telah dilakukan maping terhadap desa yang melaksanakan Pilkades serentak tahun 2019. Sedangkan pola pengamanan untuk TPS terdiri dari TPS aman sebanyak 54 dan TPS rawan sebanyak 161 yang perlibatannya personil Polres Katingan dan jajaran, berdasarkan tingkat kerawanan di masing-masing TPS yaitu dari 115 TPS yang ada di Kabupaten Katingan, dengan jumlah calon Kades sebanyak 270 orang,” kata dia. (red)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

BACA JUGA