oleh

Polres Bartim Sosialisasikan Aplikasi Dumas Presisi

TAMIANG LAYANG, inikalteng.com – Jajaran Polres Barito Timur (Bartim), melakukan sosialisasi aplikasi Pengaduan Masyarakat Prediktif, Responsibilitas, Transparansi Berkeadilan (Dumas Presisi) atau e-Dumas. Aplikasi tersebut, sebagai upaya memudahkan masyarakat mengadukan tentang kinerja Kepolisian.

Wakapolres Bartim Kompol M Fadholin, usai melaksanakan sosialisasi Aplikasi Dumas Presisi dan Investigasi Dumas bersama Tim Itwasda Polda Kalteng, di aula Mapolres setempat, Jumat (30/4/2021), mengatakan, aplikasi e-Dumas merupakan salah satu untuk memenuhi program 100 hari Kapolri Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo.

Baca Juga :  Satu PDP di Kotim Dikabarkan Wafat

“Dumas Presisi bertujuan untuk menyampaikan pengaduan pelangggaran yang dilakukan oleh anggota  Polri. Pengaduan ini bisa langsung diakses oleh masyarakat 24 jam dan di mana saja, tanpa perlu datang ke Kantor Polisi terdekat,” ucapnya.

Dijelaskan, aplikasi Dumas Presisi telah resmi diluncurkan Kapolri Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo. Setiap pengaduan yang masuk ke aplikasi, Polri menegaskan akan tetap mengklarifikasi terlebih dahulu setiap laporan yang masuk dari masyarakat.

Baca Juga :  Rektor UPR Jalani Penyuntikan Vaksin Covid-19 Dosis Pertama

Sementara Aplikasi Dumas Presisi atau e-Dumas, akan ditangani secara terpadu beberapa divisi atau satuan kerja (satker), meliputi Itwasda, Propam, Reskrim, Humas, dan TIK. Selain itu pengaduan akan ditangani Satker secara daring, sehingga masyarakat tidak perlu bertatap muka dengan aparat Kepolisian dalam menyampaikan keluhan.

“Kami berharap agar masyarakat dalam membuat pengaduan benar-benar bertanggungjawab dan bukan sekadar laporan palsu. Untuk setiap laporan yang masuk dari masyarakat melalui aplikasi Dumas Presisi, akan tetap diklarifikasi terlebih dahulu,” ungkapnya.

Baca Juga :  Rencana Penutupan Sementara Hanya di Bandara Tjilik Riwut

“Masyarakat juga dapat melaporkan kejadian yang bersifat urgent (darurat), dengan dapat menghubungi call center 110. Nantinya laporan itu akan langsung dilayani anggota Kepolisian, dan untuk wilayah Bartim akan langsung dilayani anggota Polres Bartim,” pungkas Kompol M Fadholin. (ae/red2)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

BACA JUGA