oleh

Pertama Kalinya PPs UPR Luluskan Mahasiswa Program Doktoral

PALANGKA RAYA – Sidang Promosi Doktoral Program Pascasarjana Universitas Palangka Raya (PPs UPR), Kamis (13/2/2020), secara resmi memutuskan Saptawartono berhasil lulus dengan predikat kelulusan Cum Laude Bidang Ilmu Lingkungan.

Kelulusan Saptawartono ini, menorehkan prestasi tersendiri bagi UPR. Karena untuk pertama kalinya PPs UPR meluluskan seorang mahasiswa Program Doktoral.

Sidang Promosi Doktoral di Aula Rahan Rektorat UPR ini, dipimpin langsung oleh Rektor UPR Dr Andrie Elia SE MSi didampingi Direktur PPs UPR Prof Dr Ir Yetrie Ludang MP.

Hadir pula para promotor dan tim penguji dari lingkungan UPR sendiri dan Prof Dr Robert Sibarani MS dari Universitas Sumatera Utara (USU), serta para tamu dan undangan.

“Kita sangat berbangga. Karena UPR kini mampu bersaing dengan perguruan tinggi lainnya di Indonesia. Kita sudah mempunyai Program S3 Ilmu Lingkungan, dan telah memiliki lulusannya. Semoga dengan ini, dapat menginspirasi masyarakat Kalteng, agar tidak lagi harus jauh-jauh ke luar daerah melanjutkan studi,” ucap Andrie Elia.

Baca Juga :  Masyarakat Barut Diajak Cegah Karhutla

Ke depan, lanjut Andrie Elia, UPR juga akan membuka program Diploma, dan beberapa program Pascasarjana lainnya, seperti Ilmu Sosial dan Politik, serta Program Doktoral Ilmu Hukum.

Sekarang, hal itu sedang diupayakan untuk sesegera mungkin dibuka. Pihaknya juga mengajak masyarakat Kalteng, agar dapat melanjutkan studinya di UPR. Karena saat ini, UPR sudah membuka pendidikan tinggi jenjang S1, S2 dan bahkan S3.

Baca Juga :  Bangkitkan UMKM Lokal Melalui Berbagai Event

Senada, Direktur PPs UPR Prof Yetrie Ludang mengaku bangga atas pencapaian yang telah dilakukan oleh PPs UPR. Di mana di nawah kepemimpinannya dapat meluluskan seorang mahasiswa Program Doktoral Ilmu Lingkungan.

“Ini merupakan yang pertama kalinya Program Pascasarjana UPR meluluskan mahasiswa S3 Ilmu Lingkungan,” kata Yetrie.

Menurut dia, lulusnya mahasiswa Program Doktoral Ilmu Lingkungan atas nama Saptawartono, dengan masa studi 3 tahun 2 bulan, hingga berhasil meraih predikat Cum Laude, menjadi pencapaian yang patut dibanggakan.

“Ini merupakan bentuk komitmen dari UPR sekaligus salah satu upaya UPR mempersiapkan sumber daya manusia yang memiliki kompetensi dan daya saing,” jelas Yetrie.

Sementara itu, Dr Saptawartono mengucapkan terima kasih terutama kepada Rektor UPR beserta jajarannya, para promotor dan penguji.

Baca Juga :  PPDP Lakukan Coklit Data Pemilih Bupati Barut

“Secara pribadi, saya sangat bersyukur karena telah berhasil melalui masa studi, dan dinyatakan lulus dengan predikat Cum Laude. Tidak lupa, saya menyampaikan terima kasih atas bimbingan yang diberikan selama menempuh pendidikan di Program Pascasarjana Ilmu Lingkungan UPR ini,” kata Saptawartono usai menjalani sidang.

Ke depan, Saptawartono menyatakan akan terus berkomitmen dengan gelar Doktor yang berhasil diraihnya, untuk terus berkontribusi bagi kemajuan pembangunan Kalteng, dan kemajuan ilmu pengetahuan.

“Saya juga akan tetap menjaga nama baik almamater Program Pascasarja Ilmu Lingkungan UPR,” ujar ASN pada Dinas Kehutanan Provinsi Kalteng ini. (red)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

BACA JUGA