oleh

Perbankan Diminta Prioritaskan Peningkatan Kredit Sektor Produktif

PALANGKA RAYA, inikalteng.com – Gubernur Kalimantan Tengah (Kalteng) H Sugianto Sabran mengimbau kepada Perbankan yang tergabung dalam Himpunan Bank Negara (HIMBARA) dan PT BPD Kalteng untuk dapat memprioritaskan peningkatan kredit pada sektor-sektor produktif. Sektor dimaksud seperti konstruksi, perdagangan (retail) khususnya UMKM, Pertanian, Peternakan, Kehutanan dan lain sebagainya.

Imbauan ini disampaikan Gubernur Kalteng saat berdialog sekaligus silaturahmi dengan Pimpinan Instansi vertikal dan Perbankan di Istana Isen Mulang, di Palangka Raya, Kamis (22/4/2021).

Baca Juga :  Anggota Fraksi Partai Golkar Dukung Pemekaran Provinsi Kotawaringin

“Saya juga minta agar setiap perbankan mendukung dan menggali sektor ekonomi yang ada di Provinsi Kalteng. Sebagai contoh, potensi pengembangan dan pembangunan Food Estate, Perternakan Sapi dan Pengembangan Budidaya Udang Vanamei, serta sektor-sektor lain yang dinilai potensial untuk dikembangkan,” jelasnya.

Baca Juga :  PBS di Kabupaten Seruyan Perbolehkan Pedagang Keliling Berjualan di Areal Perusahaan

Selain itu, lanjutnya, dalam rangka peningkatan kualitas pelayanan, hendaknya seluruh Perbankan dapat meningkatkan pelayanan berbasis kebutuhan debitur khususnya bagi para pelaku UMKM, yakni dengan memberikan kelonggaran persyaratan kredit, pembiayaan, pendanaan serta memberikan keringanan pembayaran bagi UMKM.

“Hal yang tidak kalah penting, adalah tingkatkan pelayanan berbasis teknologi seperti SMS Banking, e-Banking dan Mobile Banking untuk mendukung penerapan e-commerce atau transaksi jual beli secara elektronik,” kata Sugianto Sabran.

Baca Juga :  Governor of Central Borneo Donates 9 Billion IDR Helps Affected Communities of Covid-19

Upaya tersebut, jelas Gubernur, dilakukan dengan harapan untuk membangkitkan perkonomian Kalteng, meningkatnya daya beli masyarakat, dan aktivitas usaha masih tetap dapat berjalan bahkan berkembang. (red)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

BACA JUGA