oleh

Penyuntikan Vaksin Perdana Diprioritaskan Pada Tiga Kelompok

PALANGKA RAYA – Satgas Penanganan Covid-19 Kalteng menegaskan, penyuntikan vaksin Covid-19 perdana akan diprioritaskan pada tiga kelompok. Kelompok dimaksud, yakni kelompok satu meliputi pejabat publik pusat dan daerah, kelompok dua meliputi pengurus asosiasi profesi, tenaga kesehatan, dan pimpinan kunci institusi kesehatan di daerah, serta kelompok tiga adalah Tokoh Agama di daerah.

“Hal ini mencerminkan komitmen pemerintah untuk menyediakan vaksin yang aman dan berkualitas, sekaligus mengajak seluruh masyarakat agar tidak ragu dalam pelaksanaan penyuntikan vaksin nantinya. Selanjutnya, vaksinasi akan dilaksanakan secara bertahap dan merata, dan bagi masyarakat yang masuk pada rentang lanjut usia (Lansia) juga menjadi prioritas,” jelas Tim Satgas Penanganan Covid-19 Kalteng dalam rilisnya, Jumat (8/1/2021).

Baca Juga :  KONI Kalteng Hadiri Rakor KONI se-Indonesia Secara Virtual

Dikatakan bentuk komitmen pemerintah, karena menjamin hak kesehatan seluruh golongan masyarakat. Selain itu demi mencapai kekebalan komunitas atau kelompok, pemerintah tetap memerhatikan kesesuaian jenis vaksin dan target sasaran. Sehingga, meminimalisir efek samping yang tidak diinginkan.

Dijelaskan Tim Satgas Penanganan Covid-19 Kalteng, peran serta anggota keluarga dalam satu rumah tangga dinilai sangat penting dalam mencegah penularan virus Covid-19. Dalam hal ini, ibu rumah tangga dan organisasi kewanitaan memiliki peran yang sangat dibutuhkan.

Baca Juga :  Maksimalkan Penerapan PSKH

Sedangkan kepada masyarakat, jika ada anggota keluarga yang tertular, diminta untuk langsung menghubungi Puskesmas terdekat atau Dinas Kesehatan setempat. Nantinya, Dinas Kesehatan akan melaporkan kepada Satgas Penanganan Covid-19 di daerah masing-masing.

“Di masa pandemi ini, kita harus berpikir positif. Di balik tantangan pasti ada peluang, di balik musibah pasti ada hikmahnya. Jika dulu kita malas olahraga, tetapi dalam masa pandemi ini harus kita lakukan. Ini sisi positif yang akan menjadi gaya hidup kita ke depan,” imbau Tim Satgas Penanganan Covid-19 Kalteng.

Baca Juga :  Plt Gubernur Kalteng Kunker ke Dompu

Tidak saja, tim juga menyampaikan lima langkah untuk menghindari penularan dalam klaster keluarga, yakni memahami dengan benar cara penularan Covid-19, selalu mengikuti protokol kesehatan termasuk protokol kedatangan, mengetahui kondisi kesehatan setiap anggota keluarga di rumah termasuk kalau ada yang sakit harus menggunakan masker, memastikan gizi seimbang dan melakukan olahraga rutin bersama, serta menciptakan suasana tenang di rumah, memberantas berita hoaks, dan menjauhi sumber kepanikan.

“Mari kita cegah penambahan kasus dari rumah. Lindungi anak, orang tua, dan keluarga kita,” tegas Tim Satgas Penanganan Covid-19 Kalteng. (red)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

BACA JUGA