oleh

Penyelenggara Pilkades Gumas Mendatang Harus Teliti

KUALA KURUN, inikalteng.com – Kalangan Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Gunung Mas (Gumas) meminta kepada penyelenggara pemilihan kepala desa (pilkades) mendatang harus teliti dalam menyeleksi administrasi syarat para calon.

“Saya ingin pilkades mendatang tidak terjadi permasalahan. Sebagai penyelenggara Pilkades agar bekerja secara profesional dan pahami aturan yang berlaku,” ujar Wakil Ketua Komisi I DPRD Gumas Polie L Mihing saat dikonfirmasi melalui ponselnya, Rabu (12/10/2022).

Baca Juga :  Anang Taktik Ditembak Dua Kali dari Jarak Dekat

Ditambahkan Polie, untuk memastikan kesiapan pilkades selanjutnya, penyelenggara Pilkades dapat melakukan koordinasi dengan dinas terkait. Terutama masalah ijazah dan persyaratan lainnya dari calon kades tersebut.

“Kerawanan permasalahan ijazah palsu hingga tersangkut pidana bakal calon kades harus diperhatikan dari awal. Panitia harus betul-betul teliti dan disaring secara ketat, sehingga dalam perjalanan nanti tidak terjadi masalah,” tegas Polie.

Baca Juga :  Senator Gumas Dukung Pembangunan Infrastruktur Jalan Penghubung

Selain itu, dia meminta, panitia harus memahami betul peraturan yang berlaku pada pelaksanaan pilkades. Sebelum ditetapkan panitia harus melihat keabsahan ijazah tersebut, sehingga pada saat pilkades tidak akan terjadi permasalahan.

Polie menambahkan, begitu juga dengan permasalahan lain yang biasanya terjadi pada pilkades seperti kelebihan surat suara. Jika melihat masalah ini, agar kepada pihak penyelenggara Pilkades kedepan harus bekerja ekstra dan lebih berhati-hati.

Baca Juga :  Anggota DPRD Gumas Minta Kades Terpilih Segera Rangkul yang Kalah

“Kami sebagai lembaga legislatif berharap agar penyelenggara Pilkades berikutnya untuk bekerja secara profesional demi penyelenggaraan Pilkades yang berkualitas,” tutup wakil rakyat dari Fraksi NasDem-Hanura ini. (hy/red4)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

BACA JUGA