oleh

Penurunan Luas Hutan di Kalimantan Tengah

-Opini-79 views

Oleh : Syarif Jati Hidayatullah *)

Hutan sangat berperan dalam menjaga ekosistem dan penyedia sumberdaya seperti oksigen, air, dan tempat hidup berjuta flora dan fauna. Ribuan pohon yang ada di hutan merupakan sumber oksigen bagi ekosistem di sekitarnya, termasuk permukiman yang ada di dekat hutan.

Di Indonesia, hutan terbesar berada di Pulau Kalimantan dan Sumatra. Hutan Kalimantan termasuk dalam salah satu paru-paru dunia dengan luas mencapai 10 juta hektare lebih atau lebih tepatnya 40,3 juta hektare. Tetapi, setiap tahun luasannya berkurang.

Baca Juga :  Investasi Lancar Karena Bekerja Dengan Hati

Kalimantan Tengah adalah salah satu wilayah yang luas hutannya, dan beragam flora faunanya. Hutannya sebagian telah dijadikan sebagai permukiman. Meskipun begitu, masih ada sebagian wilayah yang hutannya masih alami. Tapi, apakah kealamian itu akan berlangsung lama?

Kalimantan Tengah adalah wilayah terluas di Pulau Kalimantan, termasuk hutannya juga. Seiring berjalannya waktu, permukiman terus bertambah dan tidak menutup kemungkinan bahwa hutan-hutan yang ada akan digunduli untuk membuat wilayah permukiman atau tempat lainnya. Terbukti setiap tahun luas hutan selalu berkurang dan berubah menjadi permukiman, perkebunan, maupun tempat wisata.

Baca Juga :  Ramalan Zodiak Besok Senin 15 April 2019, Hore Kabar Baik Untuk Aquarius

Selain penggundulan, terjadi juga pembakaran hutan. Tahun 2015 menjadi puncak terparah terjadinya kebakaran hutan yang membuat berkurangnya luas wilayah hutan. Pemerintah telah melakukan berbagai upaya untuk mencegah terjadinya kebakaran hutan, terbukti setelahnya jumlah kebakaran hutan berkurang hingga tahun 2019.

Menurut saya, ada beberapa solusi terbaik dalam upaya melestarikan dan memanfaatkan hutan, di antaranya :

1. Melakukan penanaman kembali di sekitar permukiman untuk menggantikan pohon yang telah ditebang.

2. Membuat wisata hutan kota, sehingga tidak merusak hutan.

Baca Juga :  Masyarakat Diminta Mengawal Pelaksanaan Pembangunan

3. Menanamkan edukasi pemahanan tentang pentingnya menjaga hutan.

4. Menghukum pelaku pembakaran hutan sesuai dengan aturan yang berlaku.

Menjaga hutan adalah hal yang sangat penting dan kita juga akan merasakan manfaatnya. Kita terkadang lupa atau bahkan malas melakukan perbaikan terkait lingkungan. Pohon-pohon yang ada di hutan akan sangat bermanfaat untuk kita jika kita menjaganya.

Marilah kita sama-sama menjaga dan memperbaiki hutan kita untuk kebaikan kita semua.
****

*) Penulis adalah Siswa SMA Negeri 5 Palangka Raya

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

BACA JUGA