oleh

Penghargaan APE Wujud Nyata Kesetaraan Gender di Lamandau

NANGA BULIK, inikalteng.com – Berbagai kebijakan terus dilakukan secara optimal oleh Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lamandau melalui Dinas Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DP3AP2KB) setempat untuk mengurangi kesenjangan gender.

Langkah nyata tersebut mengantarkan Kabupaten Lamandau menjadi salah satu daerah yang memperoleh Penghargaan Anugerah Parahita Ekapraya (APE) kategori Pratama dari Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA) RI, yang diserahkan secara virtual.

Piagam Penghargaan APE kategori Pratama yang diperoleh Kabupaten Lamandau dari Kementerian PPPA RI.

“APE merupakan bentuk penghargaan atas komitmen dan peran pimpinan serta stakeholder pimpinan pusat maupun daerah dalam upaya mewujudkan kesetaraan dan keadilan gender melalui strategi Pengarusutamaan Gender (PUG),” ujar Kepala DP3AP2KB Lamandau Friaraiyatini SKM MKes yang dihubungi melalui telepon selulernya, Kamis (14/10/2021).

Baca Juga :  Pasutri Tertimpa Pohon Tumbang

Menurut mantan Kepala Dinkes Lamandau ini, strategi untuk mendapat penghargaan APE ini, pihaknya telah berkomitmen melalui kebijakan dan program yang memperhatikan kebutuhan dalam memberdayakan perempuan maupun laki-laki secara bertahap.

“Dalam pelaksanaan PUG, strategi itu mulai dari perencanaan, penyusunan, pelaksanaan, pemantauan, dan evaluasi dari seluruh program kegiatan dalam pembangunan di berbagai bidang dengan mengintegrasikan aspek gender pada penyusunan kebijakan,” ungkap Friariayatini.

Baca Juga :  Kejari Pulpis Gelar Simulasi Pengenalan Cara Pemadaman Api

Unuuk mendapatkan penghargaan APE ini, kata dia, setidaknya ada tujuh komponen kunci yang menjadi indikator penilaian, yakni komitmen, kebijakan, kelembagaan, SDM, anggaran, alat analisis gender, data gender, dan partisipasi masyarakat yang dinilai telah memenuhinya.

Baca Juga :  PWI Kalteng Peduli Mulai Salurkan Bantuan Korban Banjir

Secara keseluruhan, Kabupaten Lamandau berkomitmen dalam menjalankan kebijakan yang mengarah pada upaya penyetaraan gender dan juga perlindungan anak. Hal tersebut juga ditunjukan dengan beberapa indikator yang sudah terpenuhi, hingga Kabupaten Lamandau mendapatkan penghargaan APE.

“Kami sangat berterima kasih kepada instansi terkait dan seluruh elemen masyarakat, baik yang secara langsung maupun tidak langsung berperan dalam upaya kesetaraan gender, perlindungan perempuan dan anak. Semoga ini jadi penyemangat untuk meningkatkan kembali di tahun mendatang,” harap Friaraiyatini.(hy)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

BACA JUGA