oleh

Pengguna Medsos Diminta Berhati-hati

KASONGAN – Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Katingan Harun meminta masyarakat di kabupaten setempat agar berhati-hati dalam mempergunakan Media Sosial (Medsos), seperti facebook, instagram, twitter dan jenis aplikasi lainnya. Terutama menyangkut aktivitas membagikan informasi melalui dunia maya.

Pasalnya, banyak informasi maupun pemberitaan menimbulkan keresahan, karena tidak benar alias tidak sesuai dengan fakta. Untuk itu, pengguna medsos haruslah bersikap analis, sehingga tidak sembarangan membagikan informasi.

Baca Juga :  Gubernur Kalteng Serahkan Bantuan 50 Ribu Masker untuk Masyarakat Kotim

“Jangan mudah terpancing dengan informasi yang belum tentu jelas kebenarannya. Harus dianalisa dulu sumber informasinya. Jangan sampai malah langsung membagikannya. Karena akan membuat dampak yang tidak baik,” tegas Harun di Kasongan, Kamis (6/2/2020).

Baca Juga :  Ini Syarat Pelaku Perjalanan Nataru

Analisa informasi, ungkap Harun, sangat penting dilakukan sebelum mengambil keputusan untuk membagikan suatu informasi. Karena jika tidak teliti dalam menanggapi suatu berita akan berimbas merugikan pengguna medsos yang bersangkutan.

“Karena sekarang ada undang-undang IT yang mengatur lalu lintas media sosial memberikan informasi. Jika info yang dibagikan hoax, maka yang bersangkutan bisa terjerat hukum. Karena mendukung informasi yang mengada-ada,” tegasnya.

Baca Juga :  Sejak Juli 2019, Oknum Kades dan Perangkat Desa di Katingan Setubuhi Gadis SMA

Salah satu upaya untuk mendapat informasi yang benar dan akurat, tambahnya, adalah dengan mengambil informasi dari media lokal maupun nasional yang benar-benar berkapabilitas. (red)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

BACA JUGA