oleh

Pengalokasian Belanja Daerah Harus Pertimbangkan Banyak Hal

MUARA TEWEH, inikalteng.com – Legislator DPRD Barito Utara (Barut) Wardatun Nur Jamilah, menyebutkan, dalam mengalokasikan belanja daerah, Pemkab setempat hendaknya mempertimbangkan keadilan dan pemerataan. Itu dilakukan, agar dapat dinikmati seluruh lapisan masyarakat.

Wardatun Nur Jamilah, Jumat (12/3/2021), mengungkapkan, anggaran memiliki dampak luas aspek kehidupan masyarakat. Karenanya dalam pengalokasian belanja daerah, harus tepat sasaran dan bermuara pada kesejahteraan bagi warga Bumi Iya Mulik Bengkang Turan.

Baca Juga :  DPRD Kotim Dukung Larangan Kendaraan Besar Masuk Kota

“Penerapan prinsip good governance dalam penyusunan RAPBD, ke depan perlu keterlibatan masyarakat. Terutama proses penyusunannya, sehingga masyarakat tidak merasa tersingkirkan, yang disebabkan kurangnya memiliki akses untuk terlibat dalam proses penyusunan APBD,” imbuhnya.

Srikandi dari Partai Persatuan Pembangunan (PPP) ini, menambahkan, masih banyak hal penting yang menjadi kebutuhan masyarakat, di antaranya infrastruktur jalan dan jembatan, sekolah, perumahan guru, kesehatan, serta lainnya yang harus mendapat perhatian serius dari pemerintah daerah.

Baca Juga :  ASN dan PTT Disparbudpora Kota Palangka Raya Dirapid Test

Bahkan dia juga menyinggung pajak daerah, retribusi daerah, dan pungutan lainnya yang dibebankan kepada masyarakat. Untuk itu, smua harus mempertimbangkan kemampuan masyarakat dalam membayarnya.

“Memang sebuah daerah akan maju apabila masyarakatnya sadar bayar pajak, karena dari sinilah dana pembangunan akan semakin meningkat. Namun terlepas dari itu semua, perlu pertimbangan dan solusi bagaimana pajak atau pungutan daerah, justru tidak membebani masyarakat yang kita cintai,” pungkasnya. (mhd/red2)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

BACA JUGA