oleh

Pemkab Katingan Komitmen Benahi Pelayanan Pendidikan dan Kesehatan

KASONGAN – Bupati Katingan Sakariyas mengatakan Pemerintah Kabupaten (Pemkan) setempat berkomitmen untuk membenahi pelayanan publik bidang pendidikan dan kesehatan di wilayah setempat.

“Pembenahan dan perbaikan pelayanan publik akan terus kami tingkatkan. Kami berharap tidak ada lagi keluhan-keluhan di masyarakat. Karena kami sadari sektor pendidikan dan kesehatan adalah pilar utama kemajuan di suatu masyarakat,” kata Sakariyas di Kasongan, kemarin.

Baca Juga :  Masyarakat Tidak Mampu Dibebaskan dari Tagihan PDAM

Pada dua sektor itu, kata orang nomor satu di Bumi Penyang Hinje Simpei tersebut, Pemkab juga berkomitmen untuk selalu memenuhi belanja mandatory spending atau anggaran yang diwajibkan dalam peraturan perundangan-undangan, yaitu anggaran fungsi pendidikan sekurang-kurangnya 20 persen dari belanja daerah dan fungsi kesehatan minimal 10 persen dari total belanja APBD diluar gaji.

Baca Juga :  MTQ Tingkat Kabupaten Barut Dimulai 3 Maret 2020

Pada sektor kesehatan, urai Sakariyas, Pemkab Katingan mengalokasikan anggaran untuk penerima bantuan iuran BPJS kesehatan sekitar Rp22,6 miliar dan Rp1,087 miliar untuk tenaga harian lepas.

“Tentu hal ini akan mengalami peningkatan apabila wacana kenaikan premi BPJS ditetapkan oleh pemerintah pusat yang secara langsung akan membebani APBD kedepannya,” kata Sakariyas. (red)

Baca Juga :  TP-PKK Kalteng Bagikan Sembako Kepada Petugas Pembersih Jalan

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

BACA JUGA