oleh

Pemindahan Warga Kawasan Kumuh ke NSD Dilakukan Bertahap

KUALA KAPUAS, inikalteng.com – Sejumlah warga yang tinggal di kawasan kumuh wilayah perkotaan Kuala Kapuas, Kabupaten Kapuas, dalam waktu dekat akan berpindah untuk kemudian menempati perumahan New Site Development (NSD).

Pemindahan warga ini dilakukan bertahap oleh Pemerintah Kabupaten Kapuas sebagai upaya mengentaskan kawasan kumuh dan padat di perkotaan.

Kepala Dinas PUPR-PKP Kabupaten Kapuas Teras mengatakan, ada sebanyak 181 unit rumah yang telah di bangun pemerintah di perumahan NSD dan ada sekitar 70 rumah yang sudah ditempati warga. Perumahan tersebut berada di Wilayah Handel Bere, Kelurahan Selat Utara, Kecamatan Selat, Kabupaten Kapuas.

Baca Juga :  Pembangunan  Jaringan Pipa Diharapkan Mampu Atasi Permasalahan Stunting

“Dalam waktu dekat akan kembali kita persiapkan pemindahan tahap kedua bagi warga yang tinggal di kawasan kumuh ke perumahan NSD. Sehingga nanti seluruhnya dapat segera ditempati dan terpelihara dengan baik,” ungkap Teras, Kamis (28/4/2022).

Baca Juga :  Wakil Ketua DPRD Gumas Dorong Orang Tua Sekolahkan Anaknya

Ia menyebutkan, perumahan NSD dibangun oleh pemerintah pusat melalui program Neighborhood Upgrading And Shelter Phase atau NUSP dari Kementerian PUPR Republik Indonesia, sebagai upaya mengurangi kawasan kumuh dan padat di perkotaan.

“Adapun kawasan kumuh yang sudah ditinggalkan warga nantinya akan ditata dan dikelola oleh pemerintah. Kemudian dibangun fasilitas baru menuju Kota Kapuas yang indah, bersih dan asri,” terangnya.

Baca Juga :  Dinas PUPR-PKP Kapuas Bangun Ruang Tahanan Polres

Teras menambahkan, perumahan NSD yang sudah dibangun pemerintah dilengkapi dengan ketersediaan air bersih PDAM, aliran listrik serta juga dilengkapi sejumlah fasilitas pendukung lainnya. Seperti aula pertemuan dan tempat ibadah serta keberadaan kolam untuk budidaya ikan. (sri/red4)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

BACA JUGA