oleh

Pemerintah Desa Maju Bersama Kapuas Salurkan BLT-DD

KUALA KAPUAS, inikalteng.com – Sebanyak 128 Kepala Keluarga (KK) di Desa Maju Bersama, Kecamatan Kapuas Barat, Kabupaten Kapuas, menerima Bantuan Langsung Tunai dari Dana Desa (BLT-DD). Penyaluran bantuan itu diserahkan secara langsung kepada masyarakat di aula Kantor Desa Maju Bersama, Rabu (21/4/2021).

Pembagian BLT Dana Desa ini, merupakan penyaluran tahap I di tahun 2021. Sebelumnya pada tahun 2020, juga telah disalurkan sebanyak 9 kali yaitu sejak bulan April hingga Desember 2020.

Kepala Desa Maju Bersama Mastaniah mengatakan, BLT Dana Desa ini merupakan bantuan langsung berupa uang sebesar Rp300.000 per KK setiap bulan. Tujuannya untuk meringankan beban ekonomi masyarakat dampak pandemi Covid-19.

Baca Juga :  UPR Siap Hadapi ‘New Normal’

“Warga yang menerima BLT Dana Desa ini, merupakan warga yang belum mendapatkan bantuan pemerintah baik itu Bantuan Sosial Tunai (BST) maupun bantuan lain. Sehingga warga yang belum mendapatkan bantuan dapat tercover melalui BLT Dana Desa ini,” ungkap Mastaniah.

Ditambahkannya, untuk jumlah warga penerima manfaat program BLT Dana Desa di Desa Maju Bersama ini, di tahun 2021 sebanyak 128 KK. jumlah ini berkurang dari tahun 2020 yang berjumlah 151 KK.

Baca Juga :  Ketua DPRD Gumas Siap Divaksin Covid-19

“Jumlahnya berubah karena ada perubahan data dari Pemerintah Pusat, yaitu sebanyak 23 warga penerima BLT-DD tahun 2020, pada tahun 2021 terdaftar masuk sebagai penerima bantuan lain sehingga otomatis tidak bisa lagi menerima BLT Dana Desa,” terangnya.

Dijelaskan, pembagian BLT-DD ini biasanya disalurkan melalui transfer ke rekening masing-masing warga. Namun pada tahap I di tahun 2021 ini, tidak dapat dilakukan transfer karena terjadi perubahan jumlah. Sehingga diperlukan kelengkapan data penerima tahun 2021. “Mudah-mudahan penyaluran tahap kedua nanti, sudah bisa dilakukan melalui rekening masing-masing warga,” pungkas Kepala Desa Mastaniah.

Baca Juga :  FH UPR Seminarkan Fluktuasi Harga Tiket Pesawat

Sementara itu, dalam pembagian BLT-DD ini masyarakat yang datang diwajibkan menerapkan protokol kesehatan, yaitu menggunakan masker, mencuci tangan sebelum masuk ruangan dan menjaga jarak. (sri/red)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

BACA JUGA