oleh

Pelayanan Kesehatan Harus Tetap Berjalan

KASONGAN, inikalteng.com – Anggota DPRD Katingan, H Hanafi menekankan agar pelayanan kesehatan harus tetap berjalan, meskipun sekarang ini sebagian besar wilayah Kabupaten Katingan diterjang bencana banjir besar.

“Pada saat banjir ada fasilitas kesehatan seperti Pustu atau Puskesmas terendam banjir juga. Namun, bukan berarti Yankes kepada masyarakat setempat diliburkan,” ungkap Hanafi di Kasongan, kemarin.

Dikatakan, pelayanan kesehatan dalam situasi banjir dapat mengalihkan tempat pelayanannya ke tempat lain. Misalnya, dengan membangun posko di dekat posko pengungsian. Sehingga, masyarakat setempat tetap terlayani kesehatannya.

Baca Juga :  Wali Kota Palangka Raya Lepas Pendistribusian Logistik

“Posko pelayanan kesehatan jangan hanya berada di Ibukota saja, tapi di semua kecamatan dan desa. Sehingga, semua korban banjir terlayani kesehatannya,” imbuhnya.

Kalau perlu, lanjut dia, tenaga kesehatan ditambah daripada biasanya. Karena, di saat banjir dan pasca banjir dikhawatirkan berbagai jenis penyakit dapat menyerang warga setempat.

Baca Juga :  UPR Gelar Sidang Terbuka Promosi Doktor

“Apalagi di saat banjir, mereka bukan saja kesulitan untuk berobat ke RSUD Mas Amsyar lantaran transportasinya tidak memungkinkan,  akan tetapi mereka juga kesulitan untuk mencari tempat isterahat dan beribadah,” lugas dia.

Disebutkan, seperti  di sejumlah desa di Kecamatan Tasik Payawan dan Kamipang yang sampai saat ini masih dilanda banjir. Warga kedua kecamatan tersebut ketika ingin berobat ke Pustu ataupun ke Puskesmas tentu saja tidak bisa, lahtaran tempat nya pun dilanda banjir.

Baca Juga :  Pemprov Kalteng Sosialisasikan Sistem OSS Perizinan Berusaha Berbasis Risiko

“Oleh karena itu, ketik Posko kebencanaan didirikan, hendaknya dirikan pula posko pelayanan kesehatannya. Sehingga, masyarakat setempat tetap bisa terlayani kesehatan mereka,” demikian Politikus PPP ini. (red)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

BACA JUGA