oleh

Peduli Lingkungan Polres Tanam 850 Bibit Pohon

KASONGAN – Dalam rangka untuk mendukung program Polisi Republik Indonesia (Polri) peduli penghijauan dan memperingati Hari Lingkungan Hidup, Polres Katingan bersama Forkopimda Katingan melaksanakan aksi penanaman ratusan pohon. Puluhan di antaranya ditanam di sepanjang pinggiran lapangan apel Polres Katingan, Jumat (10/1/2020).

Kegiatan penanaman tersebut dihadiri Kapolres Katingan AKBP Andri Siswan Ansyah, Bupati Katingan diwakili oleh Asisten II Sekda Katingan Ahmad Rubama, Wakapolres Katingan Kompol Arifin, Pabung Katingan diwakili oleh Danramil 1015-03 Pelda Jaenuri dan sejumlah Kepala Satuan Organisasi Perangkat Daerah di lingkungan Pemerintah Daerah Kabupaten Katingan.

Baca Juga :  Korban Banjir Terima Bantuan Beras dari Pemprov Kalteng

Kapolres Katingan AKBP Andri Siswan Ansyah mengatakan, program penanaman pohon di lingkungan institusi Polri selain mendukung program pemerintah, juga dilakukan menindaklanjuti program Kapolri yakni peduli penghijauan di lingkungan Mako Polri, asrama Polri, tanah atau lahan Polri yang masih gersang dan juga lokasi atau lahan lainnya.

“Kami mengharapkan penanaman pohon yang telah dilaksanakan tidak hanya ditanam dan dibiarkan mati, namun wajib kita pelihara sampai tumbuh subur. Sehingga sangat bermanfaat bagi anak cucu kita nantinya,” ujar Kapolres via seluler, kemarin.

Kualitas hidup yang baik, lanjut Kapolres, dapat dilihat dari tempat tinggal dan lingkungan. Sejatinya, memelihara lingkungan merupakan ibadah dan langkah awal membangun kehidupan.

Baca Juga :  Diduga Sudah Terjadi Transmisi Lokal Covid-19

“Saya yakin bahwa kegiatan penanaman pohon khususnya di lingkungan mako Polri, asrama Polri dan lokasi lainnya adalah kegiatan yang sangat bermanfaat bagi kita semua. Dan saat kita melihat tanaman yang rindang dan berwarna hijau akan terasa dingin, asri, sejuk dan bekerja juga menjadi nyaman,” imbuhnya.

Dalam program penghijauan itu, jelas Kapolres, sebanyak 850 bibit pohon buah-buahan akan ditanam. Ini dilakukan sebagai bentuk kepedulian Polri terhadap lingkungan dan untuk memberikan wawasan terhadap generasi bahwa lingkungan harus dihijaukan.

Baca Juga :  Penangkapan Dua Warga Desa Penyang Murni Kasus Pidana

“Dengan banyak pohon akan banyak tempat cadangan air dalam tanah. Sehingga bisa mencegah banjir dan tanah longsor serta untuk memotivasi masyarakat untuk menghijaukan lingkungan. Jaga lingkungan dengan melestarikan pohon bukan menebang pohon,” ujar Kapolres.

Sementara itu, Asisten II Sekda Katingan Ahmad Rubama menyampaikan Pemerintah Daerah Kabupaten Katingan sangat mengapresiasi dan mendukung program yang dilaksanakan Polri, khususnya Polres Katingan peduli terhadap penghijauan sesuai dengan salah satu mottonya Katingan Hijau. (red)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

BACA JUGA