oleh

Para Kades Diingatkan Hati-hati Kelola DD dan ADD

MUARA TEWEH – Seluruh kepala desa (kades) yang menerima Dana Desa (DD) dan Anggaran Dana Desa (ADD), diharapkan transparan dan seksama dalam mengelola penggunaannya, serta membuat pelaporan tertib administrasi sesuai kegiatan yang dilaksanakan di desanya. Para Kades juga harus menghindari perbuatan yang bertentangan dengan peraturan yang telah ditetapkan berkaitan dengan DD maupun ADD.

Harapan itu disampaikan Bupati Barito Utara (Barut) H Nadalsyah dalam sambutannya yang dibacakan Wakil Bupati Sugianto Panala Putra, ketika membuka Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Rencana Kerja Pembangunan Daerah (RKPD) Tahun 2021 di Kecamatan Lahei Barat, Kabupaten Barut, Senin (17/2/2020).

Baca Juga :  Pemkab Mura Gelar Upacara Peringati HUT Kemerdekaan

“Saya berharap, agar kepala desa dan jajarannya benar-benar menyalurkan Dana Desa sesuai peruntukkannya. Jangan sampai terlibat hal-hal yang berkaitan dengan hukum,” katanya.

Para kades juga diminta melaksanakan tugasnya sesuai dengan aturan, melanjutkan pembangunan di desa serta melayani warganya secara optimal. “Jangan sampai mengecewakan masyarakat,” pesan Bupati Barut.

Sebelumnya, Camat Lahei Barat Kastanto mengungkapkan, prioritas utama dari 11 desa di kecamatan setempat adalah peningkatan infrastruktur dan ketersediaan energi listrik yang bisa dinikmati 1×24 jam. Bahkan hingga kini masih ada dua desa di Kecamatan Lahei Barat yang belum menikmati aliran listrik dari PLN Ranting Muara Teweh.

Baca Juga :  Bentuk Pengurus PMI Kecamatan

“Untuk kelistrikan ini, masyarakat Kecamatan Lahei Barat tidak keberatan dan tidak akan meminta ganti rugi jika ada tiang listrik yang didirikan di tanahnya,” ujar Kastanto.

Sementara itu, dari musrenbang ini terdapat puluhan usulan yang disampaikan beberapa kades, dan diharapkan dapat menjadi prooritas pemerintah daerah. Di antaranya meliputi peningkatan infrastruktur, ketersediaan energi, peningkatan kualitas kesehatan dan pendidikan, peningkatan ekonomi, peningkatan kegiatan sosial dan budaya, pariwisata serta lingkungan.

Baca Juga :  Tekan Sebaran Covid-19, Polres Seruyan Imbau Warga Konsisten Taati Prokes

Musrenbang ini juga dihadiri unsur DPRD Barut, Organisasi Perangkat Daerah, unsur Tripika Kecamatan Lahei Barat, perwakilan PLN Ranting Muara Teweh, tokoh masyarakat dan sejumlah undangan lainnya.(red)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

BACA JUGA