oleh

Pandemi Covid-19, Masyarakat Diminta Bangun Rasa Optimisme Menuju Pemulihan Ekonomi Nasional

KUALA KAPUAS – Mengangkat judul ‘Semangat Kebersamaan dalam Pemulihan Kesehatan dan Pembangkitan Ekonomi dalam Bingkai Kesenian’, kegiatan Pertunjukan Rakyat (Petunra) Tahun 2020 Kabupaten Kapuas, digelar Minggu (22/11/2020) malam.

Kegiatan yang mengambil tempat di Ballroom Permata Inn Jalan Seroja Kota Kuala Kapuas tersebut, dibuka secara resmi oleh Plt Bupati Kapuas HM Nafiah Ibnor. Kegiatan ini dilaksanakan atas kerja sama Komite Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (KPC PEN) bersama Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) Republik Indonesia dan Pemerintah Provinsi Kalteng melalui Dinas Kominfo Kabupaten Kapuas.

Tujuan pelaksanaan Petunra ini adalah sebagai upaya pemerintah dalam hal percepatan penanganan Covid-19 sekaligus pemulihan ekonomi nasional. Melalui kegiatan ini, disampaikan pesan-pesan kepada masyarakat untuk bersama-sama membangun rasa optimisme dan semangat untuk tetap produktif selama masa pandemi Covid-19.

Baca Juga :  Tingkatkan Kinerja, Pemko Palangka Raya Luncurkan "siMaya"

Plt Bupati Kapuas HM Nafiah Ibnor dalam sambutannya menyampaikanz oemerintah telah menetapkan Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 22 Tahun 2020 tentang Komite Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (KPC PEN) dengan agenda prioritas Indonesia sehat, Indonesia bekerja dan Indonesia tumbuh. Maka salah satu upaya dalam menyukseskan hal tersebut adalah digelarnya Petunra dengan peserta berasal dari komunitas seni dan masyarakat umum.

“Kegiatan ini diadakan untuk membangun rasa optimisme dan semangat masyarakat untuk tetap produktif selama masa pandemi melalui pesan yang disampaikan. Pesan yang disampaikan adalah tentang kesehatan pulih, ekonomi bangkit, lindungi diri lindungi negeri serta siap divaksinisasi saat vaksin Covid-19 nanti,” tutur Nafiah.

Baca Juga :  Angin Kencang Tumbangkan Sejumlah Pohon Besar di Kuala Kapuas

Pada kesempatan yang sama, Kadis Kominfo Kapuas H Junaidi menjelaskan, pertunjukan rakyat ini memang rutin digelar setiap tahun, yang pelaksanaannya diadakan oleh Kementerian Kominfo RI. Namun, dengan adanya pandemi Covid-19 yang masih melanda hingga saat ini, maka pelaksanaannya dilakukan di daerah masing-masing.

“Mari kita jadikan ini sebagai ajang untuk mempererat silaturahmi dan menjaga keragaman yang dimiliki bangsa Indonesia, khususnya masyarakat Kabupaten Kapuas,” ucapnya.

Baca Juga :  Pemkab Kotim Diminta Siapkan Excavator Mini untuk Normalisasi Drainase

Dia juga mengajak masyarakat untuk tidak menyebarkan berita hoax ataupun berita bohong. Karena saat ini banyak sekali berita maupun informasi yang simpang siur ataupun belum jelas sumbernya. “Mari kita saring dulu sebelum sharing dan berkomunikasi dengan santun serta ber etika,” tambahnya.

Dalam pertunjukan ini, selain menampilkan berbagai ragam kesenian daerah di Kabupaten Kapuas, juga dirangkai dengan Fashion Show Benang Bintik dan Talk Show terkait Vaksin Covid-19 bersama narasumber yaitu dr Jumatil Fajar, selaku Praktisi Kesehatan Kabupaten Kapuas dan Kadis Kominfo Kapuas H Junaidi.(hy/red)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

BACA JUGA