oleh

PAD Kalteng Lampaui Target 4,41 Persen

PALANGKA RAYA – Meski dihadapkan dengan pandemi Covid-19 beserta penanggulangannya, Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah (Pemprov Kalteng) melalui Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) setempat, tetap mampu memaksimalkan sumber-sumber pemasukan daerah. Hingga Juni 2020, Pendapatan Asli Daerah (PAD) telah mampu melampaui target sebesar 4,41 persen.

Pencapaian PAD tersebut disampaikan Kepala Bapenda Kalteng H Kaspinor dalam Rapat Tim Anggaran Pemerintah daerah (TAPD) di Palangka Raya, baru-baru ini.

Baca Juga :  Ini Cara Aman Hindari Terpapar Covid-19

“Target pendapatan daerah Kalteng 2020 yang telah terealisasi hingga 27 Juni 2020 terdata mencapai 46,66 persen. Sedangkan PAD tahun 2020 telah terealisasi 54,41 persen. Sehingga pada semester pertama tahun 2020 ini telah melampaui target sebesar 4,41 persen,” jelas Kaspinor.

Pencapaian target PAD Kalteng itu, ungkapnya, terutama didorong pemasukan dari sektor Pajak Kendaraan Bermotor (PKB), Bea Balik Nama Kendaraan Bermotor (BBNKB), dan Pajak Bahan Bakar Kendaraan Bermotor (PBBKB)

Baca Juga :  Pengendara Motor Tewas Tertabrak Pembatas Terowongan Jembatan

Rinciannya, PBBKB tahun 2020 yang ditarget sebesar Rp400 miliar lebih hingga Juni telah terealisasi Rp232 miliar lebih atau mencapai 58 persen, BBNKB yang ditarget Rp277 miliar lebih telah terealisasi Rp148 miliar lebih atau 53,63 persen, dan PKB yang ditarget Rp312 miliar lebih telah terealisasi Rp157 miliar lebih atau 50,49 persen.

Kaspinor menambahkan, pencapaian PAD ini tak lepas dari sejumlah terobosan Gubernur Kalteng H Sugianto Sabran, terutama dengan mempermudah masyarakat dalam memenuhi kewajiban PKB. Salah satunya adalah penerbitan Peraturan Gubernur (Pergub) Kalteng Nomor 13 Tahun 2020 tentang Penghapusan Sanksi Administrasi (Denda) Pajak Kendaraan Bermotor, yang diberlakukan pada 2 Mei hingga Juli 2020.

Baca Juga :  Sepeda Sehat Menyongsong Masa Depan

“Pergub ini memberikan kesempatan kepada masyarakat untuk mengurus pembayaran PKB tanpa membayar denda pajak,” jelas Kaspinoor. (red)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

BACA JUGA