oleh

Masyarakat Kotim Diminta Waspadai Cuaca Ekstrem

SAMPIT, inikalteng.com – Masyarakat di Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim) diingatkan agar mewaspadai cuaca ekstrem yang belakangan ini sering terjadi di Kotim khususnya di Kota Sampit.

Hal ini disampaikan Wakil Ketua DPRD Kotim H Rudianur, menyusul munculnya angin kencang di wilayah Kelurahan Baamang Hilir, Kecamatan Baamang, Kotim hingga merobohkan rumah warga pada Selasa (4/5/2021) petang.

Baca Juga :  Pemprov Diminta Membangun Tempat Pengolahan Limbah Rumah Sakit

“Di saat musim penghujan seperti sekarang ini pasti akan terjadi cuaca ekstrem seperti angin kencang dan petir bahkan bisa jadi ada puting beliung, saya mengingatkan agar masyarakat mewaspadai kejadian cuaca tersebut terutama saat beraktivitas di luar rumah,” ujar Rudianur, Rabu (5/5/2021).

Baca Juga :  Barut Gelar Rakor Pembentukan Pokja Pengarusutamaan Gender
Kondisi rumah yang roboh diterjang angin kencang di Kelurahan Baamang Hilir, Kecamatan Baamang, Kotim pada Selasa (4/5/2021) petang.

Ditambahkannya masyarakat dan juga pemerintah diharapkan terus memantau informasi cuaca yang dikeluarkan oleh Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) setempat agar dapat mengetahui keadaan cuaca dan bisa melakukan antisipasi dini.

Baca Juga :  Dewan Minta Pekerjaan Fisik Mulai Dikerjakan Pada Triwulan Pertama

“Jika BMKG mengeluarkan informasi atau peringatan dini bencana, maka pemerintah harus sudah siap untuk pemenuhan kebutuhan jika terjadi bencana, misalnya pemenuhan air bersih, dapur umum dan lainnya,” tegasnya.

Selain itu, ujar Rudianur, juga perlu disiapkan sedini mungkin tempat evakuasi warga dan kesiapan peralatan dan pemenuhan kebutuhan untuk masyarakat yang terkena bencana. (ya/red)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

BACA JUGA