oleh

Masyarakat Kotim Diimbau Waspadai Pohon Tumbang

SAMPIT, inikalteng.com – Hujan deras disertai angin kencang belakangan ini kerap terjadi di beberapa wilayah Provinsi Kalimantan Tengah, termasuk Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim). Kondisi ini dapat menimbulkan kejadian tak terduga, seperti pohon tumbang yang bisa saja menimpa pengendara sepeda motor maupun mobil.

Karena itu, Anggota Komisi III DPRD Kotim, H Ramli, mengimbau seluruh masyarakat Kotim supaya berhati-hati ketika keluar rumah, baik itu saat menggunakan mobil, sepeda motor dan bahkan berjalan kaki. Pasalnya, cuaca sekarang ini kerapkali buruk dengan curah hujan dan angin kencang. Sehingga rawan terjadinya pohon tumbang yang bisa menimpa mobil maupun motor.

H Ramli

“Sudah sepekan ini cuara buruk dengan curah hujan disertai angin yang sangat kencang, maka perlu masyarakat waspada ketika mendung. Segeralah mencari perlindungan jika cuaca sedang buruk, karena tidak menutup kemungkinan pohon-pohon di pinggir jalan mendadak tumbang diterpa angin kencang,” ujar H Ramli di Sampit (6/4/2021).

Baca Juga :  Netralitas ASN Wajib Dijaga

Dia juga meminta kepada Dinas Perumahan, Tata Kota dan Kebersihan (PTKK) Kotim maupun Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kotim untuk menebang atau memotong dahan pohon yang tumbuh besar dan tinggi yang banyak berdiri di pinggiran jalan Kota Sampit dan sekitarnya. Sebab, pohon-pohon tersebut di saat angin kencang, rentang tumbang mendadak dan bisa menimpa pengguna jalan.

“Jangan sampai setelah ada korban dulu baru bergerak. Lakukan antisipasi sejak sekarang, karena itu sangat membahayakan para penguna jalan, baik mobil maupun motor,” ucapnya.

Baca Juga :  Peduli Korban Banjir di Kalsel, PN Palangka Raya dan Lintas Komunitas Kemanusiaan Kirimkan Bantuan

Lebih lanjut, politisi Nasdem ini mengatakan, Dinas PTKK dan PUPR Kotim diharapkan secepatnya memotong sejumlah pohon tersebut, dan memang itu adalah tanggung jawab pihaknya.

“Saya amati beberapa hari ini, pohon di Kota Sampit sudah ada yang tumbang. Untung saja tidak menimbulkan korban,” ujar H Ramli.

Sementara itu, Tomy, warga Kota Sampit mengatakan, dirinya hampir saja menjadi sasaran pohon tumbang pada Senin (5/4/2021) ketika melintasi wilayah Baamang Sampit dengan menggunakan sepeda motor. Pada saat itu, angin bertiup kencang diserrai hujan deras.

“Saat itu di belakang saya hanya berjarak sekitar satu meter, mendadak pohon tumbang. Untung saya sempat melintas, jika tidak entah bagaimana nasib saya, mungkin ditindih pohon itu,” imbuh Tomy.

Baca Juga :  Kalteng Siapkan 22 Posko Siaga Jalan Rusak

Salah satu contoh kejadian, pada Minggu (4/4/2021) malam, sekitar pukul 20.20 WIB, hujan lebat disertai angin kencang di Kota Sampit, membuat sebuah pohon tumbang dengan posisi melintang di tengah jalan. Sontak kejadian ini sempat membuat kemacetan arus lalu lintas di Jalan Tjilik Riwut Sampit, tepatnya di depan Mako Kompi Kipan A Yonif Raider 631/Antang.

Anggota TNI yang sedang piket, langsung berkoordinasi dengan Satlantas Polres Kotim guna mengatur arus lalu lintas. Selanjutnya sejumlah aparat dari unsur Satlantas Polres Kotim, Anggota Kompi Kipan A, Dinas Damkar Kotim, PMI Kotim, IEA Korwil Sampit dan PLN, segera mengambil tindakan penanganan. (ya/red)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

BACA JUGA