oleh

LSR LPMT Bersama Warga Mendawai Bertekad Wujudkan Kawasan Bebas Covid-19

PALANGKA RAYA – Upaya pencegahan dan penyebaran Covid-19 tidak akan bisa berjalan dengan baik kalau hanya mengandalkan pemerintah saja, tanpa ada kesadaran dan peran dari seluruh elemen masyarakat.

Hal inilah yang dilakukan jajaran Lembaga Swadaya Rakyat Laskar Pembela Masyarakat Tertindas (LSR LPMT) Kalteng yang bermarkas di kawasan Mendawai Palangka Raya, Kalteng. Lembaga ini berupaya bersama warga Mendawai yang jumlahnya belasan ribu orang, untuk mengikuti anjuran pemerintah dalam memutus rantai penyebaran Covid-19.

“Sebenarnya, peran kita masih kecil dalam upaya membantu Pemerintah Kota Palangka Raya dan Pemprov Kalteng. Kami hanya bisa mengimbau warga dan melakukan gerakan nyata dalam upaya pencegahan penyebaran Covid-19 di Kawasan Mendawai khususnya,” jelas Ketua Umum LSR LPMT Kalteng Agatisansyah di Palangka Raya, Jumat (29/5/2020).

Baca Juga :  Wagub Kalteng Sebut Digitalisasi Dapat Cegah Tipikor

Dikatakan, semua yang dilakukan ini adalah upaya warga Mendawai yang sadar dan ingin mewujudkan kawasan Mendawai terbebas dari Covid-19.

“Apa yang kita lakukan seperti membagi masker gratis, menyediakan bilik disinfektan dan penyemprotannya, tidak akan berarti kalau warga Mendawai sendiri tak mendukung kita dan terutama Pemko Palangka Raya,” beber Agatisansyah.

Baca Juga :  Satpol PP Tegur Pengelola Citimall Kapuas. Ini Penyebabnya

Mantan wartawan ini juga mengaku bersyukur walau sebagian orang ada yang menganggap Kawasan Mendawai dan sekitarnya adalah kawasan kumuh dan padat. Tetapi mereka bisa memaksimalkan upaya agar terbebas dari Covid-19. Bahkan hingga kini, tidak ada satu orangpun warga Mendawai yang dinyatakan terpapar Covid-19.

“Alhamdulillah, dari belasan ribu jiwa warga di Jalan Mendawai dan sekitarnya, belum ada info satu orangpun yang positif terpapar virus Corona. Mudahan keadaan ini terus berlangsung sampai Corona benar-benar hilang nantinya,” harap Agatisansyah.

Baca Juga :  Angkutan Sawit di Bartim Ditengarai Merusak Jalan

Sementara itu, Nanang, salah seorang warga Mendawai, mengakui kalau dirinya kurang mengerti bagaimana protokol kesehatan untuk pencegahan penyebaran Covid-19.

“Tapi saya berterima kasih kepada teman-teman LSR yang sudah mau mengimbau warga dan melakukan upaya nyata, seperti membagikan masker dan lainnya. Jadi saat ini, insya Allah kita semua bisa menjaga agar kawasan Mendawai ini bebas dari Covid,” ungkap Nanang.

Saat ini, ujar Nanang, warga Mendawai bersama anggota LSR LPMT mulai menggiatkan lagi Poskamling, untuk menjaga kamtibmas di kawasan setempat.(red)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

BACA JUGA