oleh

Kwarda Kalteng Kunjungi Tapak Perkemahan Kontingen Jamnas 2022

CIBUBUR, inikalteng.com – Jambore Nasional (Jamnas) Ke-XI Gerakan Pramuka secara resmi telah dibuka Ketua Kwartir Nasional (Kwarnas) Komjen Pol (Purn) Drs Budi Waseso pada Minggu (14/8/2022). Kegiatan ini dijadwalkan hingga 21 Agustus 2022 di Bumi Perkemahan Cibubur, Jakarta Timur.

Kwartir Daerah Kalimantan Tengah (Kwarda Kalteng) bersama Kwartir Cabang (Kwarcab) se-Kalteng mengirimkan sebanyak 112 Pramuka Penggalang putra dan 112 Pramuka Penggalang putri ditambah 28 orang pembina pendamping serta 10 orang Panitia Daerah. Kontingen Kalteng ini juga menjadi peserta kegiatan besar Pramuka Penggalang tersebut bersama utusan 34 provinsi di Indonesia dan lima negara Asia.

Ketua Kwarda Kalteng Yulistra Ivo Sugianto Sabran SIkom melalui Ketua Harian Prof Dr Ibnu Elmi AS Pelu SH MH secara khusus mengunjungi semua kontingen Kalteng dengan menumpang kendaraan roda dua ke lokasi perkemahan masing-masing kontingen, Senin (15/8/2022).

Baca Juga :  Anggota Polres Katingan Tanam Bibit Pohon
Foto: Zainal

Dalam kunjungannya, Ibnu Elmi yang didampingi Wakil Ketua Kwarda Kalteng Dr Bambang Mantikei MSi, dan Andalan Daerah Emi Anggraini MSi, disambut suka cita oleh semua kontingen Kalteng dengan diiringi nyanyian “Selamat Datang Kakak”.

Pada rangkaian kunjungan ini, Ibnu yang juga didampingi Dokter Kontingen menyerahkan bantuan obat-obatan, vitamin dan buah-buahan kepada semua peserta utusan Kalteng.

Menurut Ibnu, pihaknya dari Kwarda Kalteng sengaja datang ke lokasi untuk melihat langsung dan mensupervisi penyelenggaraan Jambore ini secara bergantian hingga penutupan. Selain itu, juga untuk mengevaluasi kesiapan dari Kwarcab di Kalteng yang berpartisipasi pada Jamnas ini.

Baca Juga :  Rektor UPR Pastikan Kesiapan Semua Fakultas Jelang PTM Terbatas
Foto: Zainal

“Rasanya kurang tepat kalau kita hanya mendengar keluhan dan laporan saja, kita juga harus menampung aspirasi dan keluhan itu secara langsung. Terkait dengan harapan Gerakan Pramuka, Pramuka Kalteng harus menjadi simbolik dalam garda nasional, harus berperan lebih aktif terutama untuk menyiapkan sumber daya manusia dalam basis perilaku dan akhlak ataupun kepribadian yang baik,” jelas Ibnu kepada awak media inikalteng.com.

Dikatakan, kedatangan pihaknya langsung ke tenda-tenda semua kontingen Kalteng ini, membuktikan bahwa Kwarda Kalteng hadir di tengah-tengah sendi kewajiban Kwarcab melalui Mabicabnya untuk memfasilitasi pemberangkatan peserta ke Jamnas. Bahwa Kwarda Kalteng juga memiliki kepedulian, di antaranya dengan memberikan bantuan obat-obatan, vitamin, dan lainnya. Yang tidak kalah pentingnya adalah secara psikologi Kwarda Kalteng tetap satu dengan Kwarcab-kwarcab yang ada di Kalteng.

Baca Juga :  Diskominfosantik Kalteng Terima Kunjungan Diskominfo Kotim

Ibnu menegaskan, Gerakan Pramuka adalah gerakan yang bersifat memberikan pendidikan karakter yang luar biasa bagi masyarakat secara umum. “Oleh sebab itu, saya belum pernah mendengar ada kasus-kasus yang marak di Indonesia ini dilakukan oleh anggota Gerakan Pramuka. Itu berarti bahwa Pramuka sangat baik. Nah, mari kita melihat komitmen keindonesiaan pada Jambore ini dalam rangka meningkatkan pendidikan karakter di seluruh daerah masing-masing,” ucapnya.

Diingatkan pula bahwa pendidikan kepramukaan adakah sebuah proses pendidikan yang penuh dengan keceriaan, bukan untuk menciptakan seorang anak menjadi stres. Pramuka memberikan kesempatan kepada anak untuk berinteraksi secara sosial yang juga terintegrasi dengan alam. (red)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

BACA JUGA