oleh

Kursi Ketua DAD Barut Memanas

Siti Fatimah Bagan Siap Geser Junio Suharto

MUARA TEWEH, inikalteng.com – Kursi Ketua Dewan Adat Dayak (DAD) Barito Utara (Barut) memanas pasca terjadi kekosongan, karena Ketua DAD sebelumnya Junio Suharto telah berakhir pada 7 Maret 2021 lalu. Kini, dua nama muncul sebagai kandidat Ketua DAD Barut periode 2021-2026, yakni Siti Fatimah dan Junio Suharto.

Kepada sejumlah awak media, Rabu (7/4/2021), Siti Fatimah Bagan mengaku siap memimpin DAD Barut periode 2021-2026. Bahkan untuk mewujudkan keinginannya itu, dia sudah mendaftar ke DAD Kalteng pada 17 Maret 2021 lalu.

Baca Juga :  Wagub Kalteng: Jalan Terbaik Tetap Jangan Membakar Lahan

“Saya sudah mendapatkan dukungan dari tujuh Ketua DAD Kecamatan, yang dibuktikan dengan Surat Pengantar. Motivasi saya menjadi orang nomor satu di DAD Barut ini, ingin mengembalikan marwah DAD dengan banyaknya permasalahan adat,” ujarnya.

Wanita kelahiran 1968 ini menilai, gerakan DAD di Barut belum maksimal, sehingga perlu dibenahi. “Saya sudah meminta restu Ketua DAD Provinsi Kalimantan Tengah, Bupati Barito Utara, dan mendapat dukungan 7 dari 9 DAD Kecamatan di daerah ini,” ungkapnya.

Baca Juga :  Batik Air akan Mendatangkan Airbus 320 NEO Pertama

Di sisi lain, Siti Fatimah Bagan mengaku sudah banyak belajar dari DAD provinsi lainnya. Di mana ada program yang jelas, sehingga keberadaan DAD akan masyarakat rasakan manfaatnya. Hal penting lainnya, yakni akan mengembalikan kewenangan DAD tingkat kecamatan yang selama ini dinilai terlalu dikangkangi kabupaten.

Baca Juga :  Pasca Banjir, Jalur Jalan Bukit Rawi - Palangka Raya Langsung Diperbaiki

Sementara itu, Legal DAD Kalteng Tambunan Abel yang dikonfirmasi via telepon selular, membenarkan jika masa jabatan Ketua DAD Barut Junio Suharto sudah berakhir pada 7 Maret 2021.

“Untuk mendaftarkan diri menjadi ketua DAD tingkat kabupaten, salah satunya harus mendapatkan dukungan 50 persen+1 dari DAD Kecamatan,” tutupnya. (mhd/red2)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

BACA JUGA