oleh

KPU Launching Pilgub Kalteng 2020

PALANGKA RAYA – Launching Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur (Pilgub) Kalteng 2020 yang dilaksanakan oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kalteng di Ballroom Hotel Bahalap Palangka Raya, Rabu (4/12/2019), berlangsung sukses dan meriah. Apalagi kegiatan ini menghadirkan komedian Jarwo Kwat dan artis penyanyi menambah kemeriahan acara.

Kegiatan ini diikuti lebih dari 500 orang peserta, dan dihadiri Bupati/Wali Kota se-Kalteng, KPU Kabupaten/Kota se-Kalteng, KPU Pusat, KPU Provinsi Kalimantan Selatan, ormas, tokoh masyarakat, partai politik, mahasiswa dan pelajar tingkat SMA. Selain itu, hadir tiga mantan Wakil Gubernur Kalteng yakni E Gerson, Nahson Taway, dan H Achmad Diran.

Baca Juga :  Gubernur Kalteng Salurkan BLT Sebesar Rp10,4 Miliar untuk Warga Kotim

Ketua KPU Provinsi Kalteng Harmain mengungkapkan, pada tahun 2020 mendatang di Kalteng ada dua Pilkada yakni Pemilihan Gubernur/Wakil Gubernur Kalteng dan Pemilihan Bupati/Wakil Bupati Kotawaringin Timur (Kotim).

Untuk penyelenggaraan Pilgub Kalteng 2020, Pemprov Kalteng menganggarkan dana sebesar Rp249,7 miliar lebih. Pencairan tahap pertama sudah dilakukan sebesar Rp12,5 miliar. Sedangkan pencairan tahap kedua diperkirakan antara Pebruari – Juni 2020.

Baca Juga :  Anggrek Ekor Tikus Kalteng Raih Penghargaan Nasional

“KPU akan segera membentuk Badan Adhoc. Diharapkan masyarakat bisa berpartisipasi dalam tahapan pemutakhiran data pemilih, agar tidak ada masalah pada saat pemilihan nantinya,” kata Harmain.

Disampaikan, tahapan Pilkada cukup panjang. Tapi sayangnya, kebanyakan masyarakat baru sadar namanya tidak ada ketika hari pemilihan. Karena itu, dalam Pilgub Kalteng 2020, masyarakat diminta aktif mengecek data pemilih. Sehingga partisipasi pemilih pada Pilgub 2020 nanti bisa meningkat dari tahun-tahun sebelumnya.

Baca Juga :  Bank Kalteng has Won Five Prestigious Awards

Diungkapkan Harmain, pada Pilgub Kalteng 2020, jumlah tempat pemungutan suara (TPS) sebanyak 5.895 bilik se-Kalteng. Sedangkan penyelenggara sebanyak 69.470 orang. Untuk itu, perlu partisipasi seluruh masyarakat.(red)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

BACA JUGA