oleh

Komisi IV DPRD Kotim akan Panggil Sejumlah Dinas

SAMPIT – Komisi IV DPRD Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim) pada Senin depan (18/1/2021), rencananya akan memanggil dinas-dinas terkait dalam rangka menindaklanjuti hasil inspeksi mendadak (sidak) Komisi IV di sejumlah jalan dalam Kota Sampit, yang saat ini kondisinya rusak parah. Kerusakan itu lantaran dilintasi angkutan bermuatan berat yang tonasenya melebihi kapasitas kemampuan jalan menahan beban, dan di atas batas yang sudah ditentukan.

“Kami Komisi IV Senin mendatang akan memanggil Dinas Pekerjaan Umum, Dinas Perhubungan dan Bapeda dalam rangka menindaklanjuti hasil sidak tersebut, dan memang masyarakat perlu kepastian kapan jalan tersebut diperbaiki,” ujar Anggota Komisi IV DPRD Kotim Handoyo J Wibowo di Sampit, Rabu (13/1/2021).

Baca Juga :  Balapan Liar di Sampit Meresahkan Warga
Sebuah truk angkutan CPO, belum lama ini, saat hendak memasuki kawasan dalam Kota Sampit, meski sudah disiapkan jalan khusus di lingkar selatan kota.

Menurut Handoyo, kerusakan jalan dalam Kota Sampit seperti di Jalan Kapten Mulyono, Jalan Pelita hingga ke Jelan HM Arsyad, lingkar selatan, Jalan Metro TV dan sekitarnya, sudah menjadi keluhan masyarakat pengguna jalan. Karena rawan terjadinya kecelakaan lalu lintas.

Baca Juga :  PBS Wajib Melaksanakan Pola Kemitraan

“Rusaknya jalan itu, menghambat aktivitas dan mengancam keselamatan masyarakat. Dinas terkait harus benar-benar memperhatikannya. Kalau hanya ditambal atau ditimbun saja, itu tidak akan bertahan lama, hanya membuang anggaran,” kata Handoyo.

Dia menilai, selama ini pengawasan oleh Dinas Perhubungan masih kurang. Sehingga angkutan-angkutan besar dan berat seperti truk CPO, kontainer dan sebagainya, bebas melintas di dalam kota. Padahal jalan khusus sudah disediakan di lingkar selatan, namun sangat disayangkan tidak diperhatikan. Sehingga para sopir angkutan itu tidak mau melintasi jalan lingkar selatan.

Baca Juga :  Komplotan Mafia CPO di Kotim Harus Diberantas

“Ini pengawasannya dari Dinas Perhubungan sangat kurang. Kami dewan ingin Dinas Perhubungan benar-benar komitmen dalam hal pengawasan. Sementara Dinas Pekerjaan Umum dan Bapeda Kotim diharapkan tahun ini bisa memperbaiki jalan itu, dan DPRD siap untuk menganggarkan dananya,” terang Handoyo. (red)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

BACA JUGA