oleh

Kinerja DPMPTSP Kalteng 2022 Meningkat

PALANGKA RAYA, inikalteng.com – Kinerja Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kalteng pada 2022, meningkat jika dibanding 2021. Pasalnya pada 2021 lalu, kinerja DPMPTSP Kalteng berada pada peringkat 13, namun pada 2022 naik 2 peringkat menjadi peringkat 11.

“DPMPTSP Provinsi Kalimantan Tengah naik peringkat, menjadi peringkat ke-11 penilaian Kinerja Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP), dan Kinerja Percepatan Pelaksanaan Berusaha (PPB) Pemerintah Daerah (Pemda) se-Indonesia pada 2022 oleh Kementerian Investasi/BKPM sejak 30 Mei hingga 25 Juni 2022, yang mana 2021 menduduki peringkat ke-13,” tutur Kepala DPMPTSP Kalteng Sutoyo, Senin (28/11/2022).

Baca Juga :  Sugeng Wahyudi Dipercaya Menahkodai BumDes Bangkal

Dijelaskan, penilaian kinerja itu dilakukan berdasarkan amanat dari Presiden kepada Kepala BKPM, sebagaimana dimuat dalam Peraturan Presiden Nomor 42 tahun 2020, tentang Pemberian Penghargaan dan/atau Pengenaan Sanksi Kepada Kementerian Negara/Lembaga dan Pemerintah Daerah.

Sutoyo, menambahkan, penilaian kinerja PTSP dan PPB Pemda, serta Kinerja PPB Kementerian Negara/Lembaga, bertujuan untuk mengetahui Kinerja PTSP dan PPB Pemda, serta Kinerja PPB Kementerian Negara/Lembaga. Kemudian melakukan evaluasi terhadap Kinerja PTSP dan PPB Pemda, serta Kinerja PPB Kementerian Negara/ Lembaga.

Baca Juga :  PMI Bartim Diminta Aktif Dalam Aksi Sosial Kemanusiaan

“Tujuan lainnya, yaitu mengkualifikasi Kinerja PTSP dan PPB Pemda, serta Kinerja PPB Kementerian Negara/Lembaga, dan memberikan pertimbangan kepada Kementerian Keuangan dalam pemberian penghargaan, dan/atau pengenaan sanksi kepada Pemda dan Kementerian Negara/Lembaga,” ujarnya.

Adapun indikator yang menjadi Penilaian Kinerja PTSP, sambung Sutoyo, antara lain kelembagaan, sumber daya manusia, sarana dan prasarana kerja, impelemntasi OSS, serta output yang dihasilkan. Sedangkan indikator dari Penilaian Kinerja PPB, yakni Penerapan Perizinan Berusaha Berbasis Risiko, Penyederhanaan Persyaratan Dasar Perizinan Berusaha, dan Peningkatan Iklim Investasi.

Baca Juga :  Sugianto Sabran Sambangi Pengungsi di Kelurahan Kotawaringin Hulu

“Pengisian data Kinerja PTSP dan Kinerja PPB Pemda (Penilaian Mandiri), wajib dilakukan melalui http://penilaiankinerja.bkpm.go.id/, yang kemudian akan dilakukan verifikasi lapangan oleh Tim Surveyor Indonesia,” imbuhnya.

Sejumlah keberhasilan yang diperoleh DPMPTSP Kalteng, lanjut Sutoyo, tentunya berkat arahan dari Gubernur Kalteng H Sugianto Sabran menuju Kalteng Makin BERKAH, serta Kalteng Berakhlak Penuh dengan Keberkahan. (ka/red2)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

BACA JUGA