oleh

Ketua DWP UPR Hadiri Peringatan Hari Kartini

PALANGKA RAYA, inikalteng.com – Ketua Dharma Wanita Persatuan (DWP), Universitas Palangka Raya (UPR), Riap Susilawaty Andrie Elia, mengikuti pelaksanaan peringatan ke-142 Hari Kartini tingkat Provinsi Kalteng, dengan tema “Peran Perempuan Kalimantan Tengah Dalam Pembangunan”.

Kehadiran Ketua DWP UPR Riap Susilawaty Andrie Elia secara virtual, Kamis (29/4/2021), sebagai bentuk komitmen untuk ikut serta dalam pembangunan yang ada di Kalteng. Sebab menurutnya, kemajuan perempuan menjadi faktor penting dalam peradaban bangsa dan kemajuan daerah.

“2020 menjadi tahun yang penuh kejutan, karena kita diperhadapkan dengan krisis global akibat pandemi Covid-19 di hampir seluruh belahan dunia. Rutinitas manusia berhenti secara total, produktivitas manusia menurun, hidup penuh dengan rasa cemas, dan ancaman terpapar Covid-19. Kita harus membiasakan diri menjalani kehidupan normal baru yang lebih ketat dan disiplin, seluruh aspek dan sendi kehidupan kini telah mengalami perubahan yang signifikan,” sebutnya.

Baca Juga :  PHBI Kota Palangka Raya Peringati Maulid Nabi Muhammad

Kendati demikian, Pandemi Covid-19 berhasil menyatukan semua pihak dalam penderitaan dan solidaritas yang sama, saling peduli, dan saling empati dalam menghadapi tantangan di masa-masa sukar ini. Selain itu momentum Hari Kartini, bukan hanya dirayakan dengan memakai baju kebaya saja, bukan hanya lomba atau seremonial lainnya. Namun lebih dari itu, bagaimana semua pihak mengenang perjuangan Kartini dengan meningkatkan kualitas dan peran perempuan di segala sektor.

“Saya berharap kita tidak merasa bahwa nilai dan makna Hari Kartini berkurang, karena tahun ini Hari Kartini tidak bisa dirayakan seperti biasanya. Tetapi biarlah hari ini menjadi momentum bagi kita mengingat pengharapan, bahwa ‘Habis Gelap Terbitlah Terang’ untuk terus meningkatkan kapasitas dan peran perempuan dalam segala sektor,” ungkapnya.

Terlebih ke depan, semua orang menghadapi berbagai tantangan globalisasi pembangunan yang signifikan dan transformatif. Sebabnya peran perempuan menjadi sangat penting, sehingga hal itu juga menjadi tantangan besar bagi DWP UPR sebagai institusi pendidikan di Kalteng, untuk turut terlibat dan mempersiapkan Sumber Daya Perempuan Kalteng yang tangguh dan berdaya saing, serta siap menghadapi dan berperan aktif dalam pembangunan dan globalisasi dunia.

Baca Juga :  Tes Corona Massal akan Dilakukan dalam Waktu Dekat

Tidak itu saja, menurut data Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Pusat pada 2019, Kalteng adalah provinsi dengan angka pernikahan dini terbesar kedua setelah Sulawesi Barat, yang mengakibatkan Indeks Pembangunan Manusia di Kalteng menurun. Pernikahan anak usia dini, juga mengakibatkan 30 persen bayi yang dilahirkan stunting.

Terlebih stunting, menjadi perbincangan hangat setelah Presiden Jokowi menjadikan SDM sebagai perhatian cukup serius dalam kepemimpinannya di periode kedua ini. Untuk itu, Dharma Wanita Persatuan memiliki tanggung jawab untuk bersama-sama melakukan sosialisasi, edukasi untuk menumbuhkan kesadaran generasi muda Kalteng, agar memiliki semangat dan orientasi pada pendidikan.

Baca Juga :  Polres Bartim Amankan Kayu Olahan Diduga Tanpa Dokumen Lengkap

“Beberapa hal yang bisa kita lakukan adalah mensiasati dengan norma dan aturan yang berlaku di masyarakat, melakukan sosialisasi sebagai upaya mengedukasi Perempuan muda terkait bahaya menikah di usia muda, serta meningkatkan pengetahuan Perempuan terkait kesehatan reproduksi,” tutupnya.

Untuk diketahui, kegiatan yang dilaksanakan secara virtual tersebut dihadiri Bintang Puspayoga yang merupakan Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Anak RI memberikan sambutan, sekaligus membuka secara virtual kegiatan tersebut. Hadir juga Ketua TP-PKK Kalteng Ivo Sugianto Sabran, yang menjadi keynote speak dalam kegiatan webinar tersebut.

Tidak itu saja, kegiatan tersebut juga diisi narasumber perempuan hebat, yaitu Prof dr Vennetia R Danes MS PhD, Deputi Bidang Partisipasi Masyarakat Kementerian PPPA RI, dan Wakapolda Kalteng Brigjen Pol Ida Oetari Purnamasasi yang banyak memberikan motivasi dan semangat bagi para peserta webinar. (red2)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

BACA JUGA