oleh

Ketua DPRD Gumas Minta Libatkan RT dan RW Data Jumlah Penduduk

KUALA KURUN, inikalteng.com – Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Gunung Mas (Gumas) hendaknya dapat melibatkan Ketua Rukun Tetangga (RT) dan Rukun Warga (RW) dalam pendataan jumlah Penduduk agar lebih akurat.

Hal tersebut dikatakan ketua DPRD Gumas Akerman Sahidar di Kuala Kurun, kemarin. “Saya sangat merespon kalau RT dan RW dilibatkan dalam pendataan jumlah Penduduk, karena mereka paham keadaan warganya,” ujar Politisi partai PDI Perjuangan ini.

Baca Juga :  Ketua DPRD Gumas Dukung Program TMMD

Dia menambahkan, RT dan RW pasti mengetahui keadaan warganya yang meninggal, melahirkan, pindah maupun datang. Maka jumlah penduduk bisa lebih akurat dan valid. Apalagi, menyambut tahun politik 2024, dimana semua tahapan pemilu akan dilakukan.

Baca Juga :  Legislator Kotim Apresiasi Kinerja Polres Lamandau

Langkah ini perlu diambil, mengingat hingga saat ini jumlah pasti penduduk Gumas belum semuanya terdata secara keseluruhan yang akan berimplikasi pada pembagian jumlah kursi di Dewan dan Dana Alokasi Umum (DAU).

Selain itu, ketua DPRD Gumas meminta, agar pendataan jumlah Penduduk harus hati-hati dilakukan.
Sebab keakuratan data penduduk sangat penting untuk pengambilan kebijakan pemerintah, terutama dalam perencanaan program pembangunan.

Baca Juga :  Ketua TP-PKK Mura Panen Sayur di KWT Mawar Desa Danau Usung

“Saya berharap kepada masyarakat di wilayah Gumas agar segera melaporkan apabila terjadinya warga setempat ada yang meninggal, melahirkan, perpindahan, dan lainnya. Hal ini lebih memudahkan pihak Disdukcapil untuk memperbaharui data kependudukan,” demikian Akerman. (hy/red4)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

BACA JUGA