oleh

Kembangkan Kreativitas KIM melalui Strategi Komunikasi Pemasaran

PALANGKA RAYA, inikalteng.com – Dinas Komunikasi, Informatika, Persandian, dan Statistik (Diskominfosantik) Kalteng terus melakukan inovasi dan terobosan dalam mengembangkan kreativitas Komunitas Informasi Masyarakat (KIM). Salah satunya, melalui strategi komunikasi keuangan.

Sekretaris Diskominfosantik Kalteng Tuty Sulistyowati, dalam kegiatan Penerapan Strategi Komunikasi Pemasaran KIM untuk Mengatasi Dampak Inflasi Daerah bersama Mitra Kerja KIM Batang Pambelum di GOR Bulutangkis, Perumahan Kampung Rahayu Woro, Kelurahan Bukit Tunggal, Palangka Raya, Kamis (22/9/2022), mengatakan, KIM sangat dibutuhkan dalam menyampaikan informasi, terutama informasi yang positif bagi masyarakat.

Menurutnya, perkembangan teknologi saat ini begitu cepat sejalan dengan informasi yang didapatkan masyarakat. Untuk itu, diperlukan kearifan dalam memanfaatkan teknologi agar informasi yang sampai kepada masyarakat merupakan informasi yang baik dan positif.

Baca Juga :  Bupati Optimis Realisasi Anggaran Triwulan III 2020 Bisa Dikejar

Dalam kegiatan yang diikuti 15 orang peserta Industri Kecil Menengah (IKM) di lingkungan RT 19, Kelurahan Bukit Tunggal, Palangka Raya ini, Tuty Sulistyowati, menyebutkan, KIM Batang Pambelum adalah mitra kerja Diskominfosantik Kalteng untuk melaksanakan pengembangan, pemberdayaan kelompok yang memiliki potensi sebagai jejaring informasi publik, dan membangun komunitas yang memiliki aktivitas bidang pengelolaan diseminasi informasi.

“Salah satu rencana aksi Diskominfosantik Kalteng untuk membantu mengendalikan inflasi yang tinggi, adalah memberikan pelatihan singkat kepada pengelola Industri Kecil Menengah (IKM) di Kalimantan Tengah,” ujarnya.

Baca Juga :  Peduli Korban Banjir, H Agustiar Sabran Bersama Ormas Dirikan Dapur Umum

Tuty menambahkan, saat ini IKM masih berupaya bangkit, sehingga perlu dilakukan pendampingan dan pembinaan agar mampu bertahan di situasi pandemi Covid-19 yang belum berakhir. Melalui KIM Batang Pambelum, pelaku IKM dapat belajar bagaimana strategi komunikasi pemasaran yang tepat untuk menaikkan target penjualan.

Sementara Ketua RT 19, Kelurahan Bukit Tunggal, Bungkus Sudiyono mengatakan, RT 19 di lingkungan Perumahan Kampung Rahayu Woro II baru terbentuk pada Juli 2022, dan warga antusias berpartisipasi aktif dalam kegiatan Strategi Komunikasi Pemasaran KIM untuk meningkatkan pengetahuan.

Baca Juga :  Hiburan Rakyat Meriahkan HUT ke-15 DAD Kalteng

“Diharapkan agar pertemuan rutin KIM dapat berkembang, tidak stagnan, dan  dapat memberdayakan masyarakat melalui diskusi antar anggota, atau komunitas lainnya,” tutupnya.

Di tempat sama, Ketua KIM Batang Pambelum, Yudistira Pratama menyampaikan, bahwa diperlukan strategi pemasaran yang komprehensif untuk memberikan dampak yang tinggi yang sesuai dengan pola perilaku pelanggan saat ini, yaitu strategi komunikasi yang tepat dan membangun identitas brand atau merk usaha.

Salah seorang pemilik usaha Jamu, Arie Winarni, mengaku senang atas terselenggaranya kegiatan itu. “Dengan dibantu fasilitasi pembuatan design produk, semoga produk jamu saya bisa dikenal banyak orang,” pungkasnya. (ka/red2)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

BACA JUGA