oleh

Kejari Bartim Musnahkan 37 BB Perkara Pidum

TAMIANG LAYANG – Kejaksaan Negeri (Kejari) Barito Timur (Bartim), memusnahkan sebanyak 37 barang bukti (BB) perkara tindak pidana umum (Pidum) telah mempunyai kekuatan hukum tetap (incraht). BB yang dimusnahkan, berupa narkotika jenis sabu-sabu, senpi rakitan, senjata tajam jenis parang dan pisau, telepon genggam, kejahatan dari Karhutla, penipuan, dan penggelapan.

Pemusnahan BB yang terletak di halaman Kantor Kejari Bartim, Rabu (27/1/2021), dihadiri Bupati Bartim Ampera AY Mebas, Wakil Bupati Bartim Habib Said Abdul Saleh, Sekda Bartim Panahan Moetar, Kapolres Bartim AKBP Afandi Eka Putra, Dandim 1012/BTK, Ketua PN Tamiang Layang, dan Ka Rutan Kelas IIB Tamiang Layang.

Baca Juga :  Ketua DPRD Kalteng Salurkan Hak Suaranya di Kapuas

Kajari Bartim Roy Rovalino Herudiansyah, mengatakan, pemusnahan itu merupakan salah satu tugas Jaksa dalam melaksanakan putusan Pengadilan. BB yang dimusnahkan merupakan kejahatan Pidum, yaitu narkotika, penggelapan, senjata api, senjata tajam, karhutla, pencurian, dan illegal loging (pembalakan Liar).

Baca Juga :  HMI dan KAHMI Bagikan Paket Sembako Tahap Dua

“Barang bukti yang dimusnahkan merupakan akumulasi dari kegiatan penegakan hukum, dari perkara yang sudah diperiksa oleh Pengadilan. Selain itu, sudah memiliki kekuatan hukum tetap atau incraht,” ucapnya.

Roy menjelaskan, BB yang dimusnahkan didominasi tindak pidana narkotika. Untuk itu, dia menyarankan kepada BNK (Badan Narkotika Kabupaten) Bartim untuk gencar dalam menyosialisasikan bahayanya narkotika kepada masyarakat.

“Peredaran narkotika di kabupaten saat ini masih tinggi. Dapat dilihat dari perkara yang ditangani oleh Kejaksaan,” tegasnya.

Baca Juga :  Proyek Multiyears di Kotim Disinyalir Bermasalah

Sementara 37 BB perkara Pidum yang dimusnahkan, terdiri dari 52 paket sabu-sabu dengan berat 37,08 gram, senjata tajam 10 buah, senpi rakitan 2 unit, 5 butir amunisi. BB yang terbuat dari logam, dimusnahkan dengan cara dipotong menggunakan mesin pemotong, BB narkoba dimusnahkan dengan cara dilarutkan ke dalam air yang sudah di campur carbol, serta BB lainnya dimusnahkan dengan cara dibakar. (ae/red2)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

BACA JUGA