oleh

Kawasan HP di Kotim Terancam Habis

SAMPIT, inikalteng.com – Anggota Komisi I DPRD Kotim M Abadi mengingatkan bahwa kawasan Hutan Produksi (HP) dan permukiman di Kabupaten Kotim kini terancam habis. Ancaman itu timbul karena adanya pembukaan lahan perkebunan kelapa sawit secara besar-besaran dan tidak terkendali.

“Pelanggaran perizinan dengan menggarap lahan di luar Hak Huna Usaha (HGU) yang telah diberikan, membuat percepatan kerusakan hutan di Kotim. Semestinya pemerintah daerah harus segera melakukan langkah antisipasi untuk mencegah meluasnya kerusakan hutan, yakni dengan mengevaluasi seluruh perizinan yang dimiliki perusahaan sawit di Kotim,” kata Abadi, Rabu (21/9/2022).

Baca Juga :  BREAKING NEWS : UMP Kalteng 2022 Alami Kenaikan

Diungkapkan, berdasarkan data yang ada rupanya banyak perkebunan kelapa sawit yang diduga sengaja menggarap lahan di luar HGU-nya hingga merusak kawasan HP. Sebenarnya, sudah terlihat berapa kemampuan hutan sebagai daerah penyangga air bila dihitung dari luas wilayah Kabupaten Kotim yang mencapai 1,6 juta hektar.

Baca Juga :  Penerimaan Siswa Baru Disarankan Secara Online

Kini, lanjutnya, luasan hutan di Kotim terus berkurang seiring dengan munculnya kebijakan pemerintah. Kondisi tersebut tentu sangat memprihatinkan akibat pembukaan lahan perkebunan kelapa sawit secara membabi buta.

“Hutan di Kotim saat ini sudah habis. Kalaupun ada yang tersisa, letaknya sangat jauh sekali yaitu di perbatasan dengan Kabupaten Seruyan dan Katingan. Sisa hutan di sana bentuknya persis seperti lengkungan pelangi,” terangnya.

Baca Juga :  Perusahaan Pengusaha dan Bakal Calon Bupati Kotim akan Melantai di Bursa Efek Indonesia

Jika melihat begitu kecilnya luasan hutan di Kotim ditambah lagi lokasinya yang begitu jauh, maka sulit diharapkan menjadi penyangga air. Akibatnya, air pun mengalir bebas ke mana-mana. Sehingga pada saat curah hujan tinggi banyak kawasan di Kotim yang terendam banjir,” tandas Abadi. (ya/red1)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

BACA JUGA