oleh

Kawasan Ekowisata Kampung Barasih Jadi Tempat Santai Masyarakat

KUALA KAPUAS – Penataan ekowisata merupakan salah satu upaya Pemerintah Daerah Kabupaten Kapuas untuk mempercantik dan menjaga ekosistem lingkungan. Kota Kuala Kapuas memiliki potensi yang tinggi dengan beragamnya tempat sebagai penunjang spot untuk dijadikan kawasan ekowisata.

Salah satu kawasan ekowisata yang ada di Kota Kuala Kapuas yaitu Kampung Barasih yang terletak di Jalan Tjilik Riwut, tepatnya di Handel Semangat Baru RT 04, Kelurahan Selat Dalam, Kecamatan Selat, Kabupaten Kapuas. Kawasan ini adalah salah satu hasil pembangunan dari Program Neighborhood Upgrading and Shelter Project Phase-2 (NUSP-2) dan Pemerintah Daerah Kabupaten Kapuas.

Baca Juga :  Mantan Karyawan PT GAL Tuntut Haknya Segera Dibayar

Penataan yang rapi pada kawasan Kampung Barasih ini, menjadikan masyarakat sekitar bahkan di luar Kota Kuala Kapuas sering berkunjung ketempat ini untuk bersantai bersama keluarga atau hanya berjalan-jalan menikmati pemandangan sembari berfoto di spot-spot yang tersedia. Dengan akses jalan yang sudah memadai dan sekitaran jalan yang sudah disiring, tempat ini juga sering dijadikan anak-anak sebagai tempat untuk bermain dan mandi bersama.

Baca Juga :  Disperkimtan Kalteng Bedah Rumah Warga Kurang Layak Huni

Salah seorang warga setempat bernama Edy Sutarno (58) mengatakan selama adanya Ekowisata Kampung Barasih ini, menjadikan kampungnya ramai dan banyak dikunjungi oleh masyarakat, baik dari dalam maupun luar Kota Kuala Kapuas.

“Pengunjung yang datang ini beragam, baik dari dalam daerah maupun dari luar daerah, mulai dari orang dewasa hingga anak-anak, terutama di hari-hari libur,” katanya.

Baca Juga :  Relawan Muda Sugianto Sabran dan Agustiar Sabran Sebar Takjil

Dirinya pun mengapresiasi atas terjalinnya program ini yang mana semakin mempercantik kawasan Handel Semangat Baru dan berdampak pada berkurangnya jamban-jamban yang masih ada di sekitaran sungai.

Warga lain bernama Siti Fatimah (45) juga menyampaikan terima kasihnya kepada Pemerintah Daerah yang telah menyelesaikan program ini, sehingga wilayah tempat tinggalnya ramai dikunjungi yang berdampak pada meningkatnya ekonomi masyarakat setempat.(hy/red)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

BACA JUGA