oleh

Kapolsek Kurun Imbau Warga Waspadai Penipuan Jual Beli Online

KUALA KURUN, inikalteng.com – Kasus penipuan jual beli barang via online akhir-akhir ini marak terjadi. Menanggapi hal ini, Kepolisian Sektor (Polsek) Kurun Polres Gunung Mas (Gumas) mengimbau kepada warga agar lebih waspada dan hati-hati.

“Kami telah banyak mencatat laporan dari masyarakat dalam penipuan jual beli barang melalui via online. Waspadai penipuan ini, dan cek kebenarannya,” ujar Kapolres Gumas AKBP Irwansah melalui Kapolsek Kurun Ipda Aria Tanjung di kantornya, Kamis (20/10/2022).

Baca Juga :  Sektor Pertanian di Kabupaten Mura Sangat Potensial Dikembangkan

Aria menambahkan, selain di kota-kota besar, penipuan secara online kerap terjadi juga di Kabupaten Gumas. Bahkan kebanyakan korbannya merupakan warga awam yang melakukan transaksi jual beli online.

Penipuan ini bisa terjadi, lanjut Aria, karena adanya modus operandi pelaku yang menawarkan barangan dengan harga di bawah standar dan mengiming-imingi konsumen bonus sehingga si pembeli tertarik.

Baca Juga :  Kalteng Ingin Adopsi Teknologi Lolit Sapi Potong Pasuruan

Sehingga sambungnya, ketika pembeli sudah membayar si pelaku, malah tidak mengirimkan barangnya. Pelaku ini menyampaikan alasan barang tidak dikirim baik itu karena ada kendala barang atau pengiriman.

Selain itu, disebutkan dia, banyak modus yang dilakukan pelaku. Mulai dari pencatutan nama, hingga pihak yang mengatas namakan orang lain. Pelaku penipuan pada umumnya bermodus online shop menjual barang dengan harga murah.

Baca Juga :  Tabrakan Speedboat, Tujuh Korban Belum Ditemukan

“Kami berharap agar warga masyarakat lebih waspada belanja lewat online. Jangan tergiur dengan harga murah, dan lihat kebenaranya hingga jangan mudah percaya dengan langsung mengirim uang,” kata Aria Tanjung. (hy/red4)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

BACA JUGA