oleh

Kamipang dan Tasik Payawan Potensial Dijadikan Spot Wisata Memancing

KASONGAN – Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Katingan, Riming U Idui menyebut, wilayah Kecamatan Kamipang dan Tasik Payawan sangat potensial untuk dijadikan wisata memancing ikan. Pasalnya, dua kawasan di zona selatan itu memiliki kekayaan ikan sungai yang melimpah.

Menurut Legislator asal Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan itu, selain kaya akan ikan sungai, dua kecamatan itu memiliki banyak spot-spot tempat memancing. Bahkan, spot bukan hanya di Sungai Katingan ataupun anak-anak sungai.

Baca Juga :  Peringatan Hari Jadi Kota Palangka Raya Berlangsung Sederhana

“Spot memancing ikan juga banyak berupa parit, rawa dan danau. Seperti Danau Tasik Payawan, Danau Bulat dan danau lainnya. Apalagi memang dua wilayah ini banyak menghasilkan ikan kering dan ikan segar,” ujar Riming di Kasongan, kemarin.

Bukti tingginya minat pemancing ikan di dua kecamatan itu, ungkapnya, banyak berdatangan pemancing dari luar daerah terutama Kota Palangka Raya. Meskipun jarak tempuhnya sangat jauh. “Banyak ikan jenis gabus, toman, papuyu dan jenis lain seperti baung dan lais serta udang,” sebutnya.

Baca Juga :  PBS Diminta Berperan Aktif Lawan Penyebaran Virus Corona

Untuk itulah, Legislator asal zona selatan ini berharap kepada Pemerintah Daerah melalui instansi teknis terkait agar dapat mengelola wisata memancing.

“Misalnya dengan menyediakan sarana dan prasarana serta kebutuhan lainnya yang diperlukan pemancing mania,” pungkasnya.

Politikus asal daerah pemilihan II ini mengimbau kepada masyarakat setempat untuk menjaga kelestarian ekosistem sungai, salah satunya menangkap ikan dengan metode ramah lingkungan. (red)

Baca Juga :  Pembangunan Islamic Center Diharapkan Sesuai Standar

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

BACA JUGA