oleh

Kalteng Terima Penghargaan Apresiasi Pembinaan ProKlim

PALANGKA RAYA – Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng) menerima Penghargaan Apresiasi Pembinaan Program Kampung Iklim (ProKlim). Penghargaan ini diberikan oleh Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) RI, kepada kepala daerah yang dinilai telah berhasil membina wilayahnya menjadi ProKlim secara berkelanjutan.

Penghargaan ini diumumkan dalam Festival Iklim Tahun 2020 yang mengusung tema “Penguatan Aksi Adaptasi dan Mitigasi Perubahan Iklim di Masa Pemulihan Pandemi Covid-19”. Acara ini diikuti Sekretaris Daerah (Sekda) Kalteng Fahrizal Fitri mewakili Plt Gubernur Kalteng Habib Ismail bin Yahya secara virtual melalui video conference di Aula Jayang Tingang, Komplek Kantor Gubernur Kalteng di Palangka Raya, Jumat (23/10/2020).

Baca Juga :  Bupati Serahkan Satu Unit Mobil Damkar ke Seruyan Raya

Direktur Jenderal Pengendalian Perubahan Iklim, KLHK RI, Ruandha Agung Sugardiman mengatakan, tantangan yang dihadapi pada era adaptasi kebiasaan baru atau “New-Normal”, perlu disikapi dengan melaksanakan refocusing program agar berjalan secara efisien dan efektif dengan mengoptimalkan modalitas sumberdaya yang tersedia.

“Demikian pula halnya dengan pelaksanaan Program Kampung Iklim Tahun 2020, yang terus dilaksanakan dalam upaya mempersiapkan masyarakat yang berketahanan iklim dan menerapkan pola hidup rendah emisi Gas Rumah Kaca (GRK),” ujar Ruandha.

Baca Juga :  Gubernur Lepas Bansos Korban Banjir Melalui Jalur Udara

Sementara, Menteri LHK Siti Nurbaya dalam sambutannya yang disampaikan oleh Sekretaris Jenderal KLHK RI, Bambang Hendroyono menyatakan bahwa penghargaan ProKlim diberikan kepada daerah yang memiliki inisiatif, komitmen, dan dedikasi dan diwujudkan dalam langkah nyata upaya pengendalian perubahan iklim di tingkat tapak.

“Hidup kita bergantung pada alam dan sumber dayanya, sehingga kita harus mencintai dan memelihara alam juga bumi sebagai ungkapan syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa. Saya mengundang saudara-saudara untuk menjadi agen-agen yang mencerdaskan pribadi-pribadi pembaharu yang memberi contoh dalam mengelola dan memelihara lingkungan hidup dan isinya. Mari bersatu, bergotong royong melestarikan nilai luhur bangsa Indonesia dan bumi yang kita cintai ini,” kata Siti Nurbaya.(red)

Baca Juga :  Angka Kematian Covid-19 di Bartim Masih Terkendali

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

BACA JUGA