oleh

Kades Diminta Kelola Dana Desa dengan Baik

NANGA BULIK – Kepala Desa (Kades) di Kabupaten Lamandau diminta mengelola dana desa dengan baik. Permintaan itu disampaikan Kepala Badan Keuangan Daerah (BKD) Kabupaten Lamandau Muhamad Irwansyah.

Tidak hanya itu, mantan Kepala Dinas Tanaman Pangan, Kabupaten Lamandau ini mengimbau kades di wilayah setempat untuk membuat laporan pertanggungjawaban pengunaan dana desa tepat waktu.

“Anggaran dana desa cukup besar. Kepala desa harus mengelola dengan baik hingga membuat laporan tepat waktu. Pemerintah mengarahkan penggunaan dana desa untuk pemberdayaan ekonomi hingga pembangunan infrastruktur,” kata Muhamad Irwansyah, Kamis (7/11/2019).

Baca Juga :  Peringati HUT Korpri, Pemkab Barut Lakukan Anjangsana

Selain itu, dia memastikan penyerapan dana desa tahun 2019 di Kabupaten Lamandau tidak ada kendala. Bahkan, serapan dana desa lebih baik karena sistem penyalurannya sudah tertata dengan rapi.

“Tidak ada kendala yang besar dalam penyerapan dana desa. Hal itu dikarenakan sistem yang sudah dibangun oleh dari pimpinan sebelumnya sudah sangat baik. Kita tinggal meneruskannya saja,” kata dia.

Baca Juga :  Gubernur Instruksikan Dinas PUPR Kalteng Siaga Bencana

Anggaran Dana Desa (ADD) sudah terealisasi di bulan Juli-Agustus untuk penyalurannya. Sedangkan Dana Desa (DD) baru selesai upload ke pemerintah pusat melalui mekanisme sistem yang ada.

Ia mengakui, biasanya penyaluran dana desa mengalami kendala di tahap pertama. Karena dana desa masuk APBD kabupaten itu ada yang sampai Maret-April. Tahun mendatang, alokasi dana desa diharapkan akan meningkat.

Baca Juga :  PT IMK Kirim Tujuh Siswa Ikuti Seleksi Perguruan Tinggi

“Kepala desa harus memanfaatkan dana desa itu dengan benar dan sebaik-baiknya,” tandas Irwansyah.

Dikatakan, dengan komitmen kuat dari seluruh perangkat desa dan instansi terkait, maka penyerapan dana desa akan selalu baik. Setelah pemerintah mengucurkan dana desa, infrastruktur pembangunan dasar, tentunya akan mampu untuk mendukung kegiatan ekonomi warga desa. (red)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

BACA JUGA