oleh

Kabupaten dan Kota Diminta Siaga Hadapi Bencana

PALANGKA RAYA – Memasuki musim penghujan sekarang ini, Pemerintah Kabupaten dan Kota se-Kalteng, dan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait diminta untuk bersiaga menghadapi bencana. Bencana dimaksud, seperti bencana banjir, angin puting beliung, dan tanah longsor.

“Kami sudah menyurati seluruh kabupaten dan kota, untuk siap siaga menghadapi potensi bencana di daerah masing-masing. Karena saat ini, seluruh wilayah Kalteng sudah memasuki musim penghujan,” sebut Sekda Kalteng Fahrizal Fitri, belum lama ini.

Baca Juga :  Bupati/Wali Kota se-Kalteng Diminta Pedomani Instruksi Ketua GTPP Covid-19

Menurutnya, melalui surat tersebut Pemprov mengingatkan Pemerintah Kabupaten dan Kota agar bersiap menghadapi berbagai kemungkinan bencana yang terjadi. Khususnya daerah yang rawan banjir di hampir seluruh daerah, dan longsor seperti di wilayah Gunung Mas, Murung Raya, dan Barito Utara.

Baca Juga :  Guru Dibekali Imun dari Pengaruh Penyebaran Narasi Radikal

Oleh karena itu, Fahrizal meminta agar semua wilayah dapat menjalin koordinasi dengan potensi kesiapsiagaan yang ada. Bahkan untuk memastikan kesiapan tim penanganan bencana dan peralatan penunjang yang ada, Pemprov serta Pemerintah Kabupaten dan Kota se-Kalteng telah melaksanakan apel besar pada Desember 2019 lalu.

“Kami pastikan semua unsur yang ada, baik itu pemerintah, TNI, Polri, dan instansi terkait lainnya telah disiapkan. Termasuk semua peralatan yang dibutuhkan, juga sudah dilakukan pengecekan,” tegasnya.

Baca Juga :  Perlu Kerja Sama Dalam Membangun Sistem Pendidikan Berintegritas

Dengan begitu, lanjut Fahrizal, sewaktu-waktu semua kekuatan yang ada dibutuhkan, maka semua siap dturunkan ke lokasi bencana dan saling berkoordinasi. Sedangkan kepada masyarakat dan semua pihak, diimbau dapat lebih waspada dan aktif memberikan informasi mengenai perkembangan di lapangan.(red)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

BACA JUGA