oleh

Jangan Hanya Terima, Kelola Bantuan Dengan Baik

KUALA KURUN, inikalteng.com – Penerima bantuan benih dan pakan ikan air tawar, diingatkan tidak hanya menerima bantuan, tapi harus mengelola dengan baik dan benar. Dengan begitu, bantuan diharapkan akan berkembang dan menambah pendapatan.

Demikian diingatkan Kepala Dinas Perikanan dan Ketahanan Pangan (DPKP) Kabupaten Gunung Mas (Gumas) Letus Guntur, Sabtu (24/7/2021) melalui sambungan telepon seluler.

“Pembudidaya ikan air tawar yang menerima bantuan benih dan pakan, apabila dikelola dengan sungguh-sungguh akan berkembang dengan baik dan menambah pendapatan,” kata Letus.

Baca Juga :  DPMD Gelar Rakor Fasilitasi Pembentukan PPD Pilkades 2021

Letus mengaku, usaha apapun termasuk budidaya ikan air tawar, apabila dikelola dengan fokus, akan memberi hasil yang optimal. Keberhasilan yang didapat tentu dengan kerja maksimal dan memberi kepuasan. Ketergantungan dengan bantuan pemerintah dapat dikurangi, dan akan menjadi pelaku usaha  yang mandiri.

“Kami (DPKP) ingin bantuan benih ikan air tawar yang disalurkan ke kelompok budidaya ikan air tawar di Kabupaten Gumas berhasil. Keuntungan mereka dapati. Mereka tidak lagi minta bantuan dari pemerintah, karena usaha yang mereka kelola memberi kemaslahatan,” ujarnya.

Baca Juga :  Penanganan Pandemi Covid-19 Harus Dilakukan Secara Bersama

Kelompok pembudidaya ikan air tawar yang menerima bantuan benih dan pakan ikan dari DPKP, yakni kelompok pembudidaya ikan air tawar Desa Sepang Kota, Hurung Bunut, Petak Bahandang, Teluk Nyatu, Bereng Jun, Tumbang Napoi, Tumbang Kajuei, Tumbang Samui, Tumbang Sian dan Kelurahan Tumbang Miri.

“Benih ikan air tawar yang disalurkan, yakni gurami, lele, patin, dan nila. Jumlah bervariasi. Ada yang 500, 600, 700, 900 dan 1000. Penyaluran tahap pertama dalam minggu ini, selanjutnya tahap kedua dan ketiga. Bantuan bersumber dari APBD Kabupaten Gunung Mas,” papar Letus.

Baca Juga :  Wilayah Zona Merah Covid-19 Diminta Dirikan Posko

Letus menambahkan penyaluran benih dan pakan ikan, sebagai ikhtiar Pemkab Gumas melalui DPKP dalam mendorong pengembangan budidaya ikan air tawar di kabupaten tersebut. Peluang usaha budidaya ikan air tawar di daerah ini memang menjanjikan. (red)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

BACA JUGA