oleh

Jamnas XI, Seru dan Menyenangkan

SEJAK awal terpilih sebagai calon peserta Jambore Nasional (Jamnas) XI, tentu adik-adik Pramuka Penggalang merasa senang dan bangga. Apalagi saat sudah berada pada lokasi Jamnas di Bumi Perkemahan dan Graha Wisata (Buperta) Cibubur, Jakarta yang kegiatannya sangat seru dan meriah, tentu sangat menyenangkan. Hal ini tercermin dari ungkapan tiga orang Pramuka Penggalang dari Kwarcab Murung Raya, Kwarcab Sukamara dan Kwarcab Kotawaringin Barat (Kobar) yang ditemui inikalteng.com usai mengikuti Jamnas XI 2022, baru-baru ini.

Jesika, peserta putri dari Kwarcab Mura.
Mengaku sangat senang, bahagia dan juga bangga telah menjadi peserta Jambore Nasional. “Tema Jambore kali ini adalah Ceria, Berdedikasi dan Berprestasi, saya rasakan sangat tepat. Setiap kegiatan yang kami ikuti, menambah pengalaman dan teman,” ucapnya.

Menurutnya, semua kegiatan di Jamnas ini sangat luar biasa dan beragam. Sehingga sulit untuk menentukan aktivitas mana yang paling menarik. “Pokoknya semuanya seru dan menyenangkan,” kata Jesika lagi.

Baca Juga :  Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Kalteng Terima 10.000 Tablet Anti Virus

Muhammad Rizky, peserta putra dari Kwarcab Mura.
Remaja ini sangat gembira telah menjadi peserta Jamnas tahun 2022 ini. “Jamnas ini menambah pengetahuan, menambah rasa percaya diri. Saya juga banyak mendapat tambahan teman dari luar daerah. Rasanya ingin lagi berjambore dan bertemu lagi dengan mereka,” kata Rizky.

Ketua Kwarcab Mura Kak Rejikinoor saat menyambut kembalinya kontingen Mura di Purukcahu, Selasa (23/8/2022), mengucapkan syukur kepada Tuhan YME, karena semua anggota kontingen Mura kembali dalam keadaan selamat dan sehat.

“Tampak sekali adik-adik Penggalang ini sangat senang menjadi peserta Jambore. Mereka ini yang nantinya akan meneruskan harapan bangsa kita. Makanya saya minta kepada adik-adik Penggalang ini untuk belajar dan belajar terus, salah satunya melalui Pramuka. Karena Pramuka merupakan benteng untuk bisa memilah dan memilih mana yang baik bagi kehidupan, agar tidak terkena apa yang namanya narkoba, kenakalan remaja dan hal-hal negatif lainnya. Siapa tahu di antara mereka ini nantinya akan jadi pemimpin seperti Gubernur, Wakil Gubernur, Bupati atau Wakil Bupati, PNS, TNI, Polri dan posisi strategis lainnya dalam rangka turut membangun negara kita,” jelas Rejikinoor.

Baca Juga :  Wabup Mura Pantau PTM Terbatas di 3 Sekolah

Muhammad Ardan, peserta putra kontingen Kwarcab Sukamara.
Ardan mengungkapkan dari Jamnas ini telah banyak mendapat pengetahuan bagaimana bersosialisasi dan menghargai waktu.

“Melalui Jamnas ini, saya bisa bertemu sekaligus berkenalan dengan banyak teman-teman sesama Pramuka Penggalang dari seluruh Indonesia bahkan dari luar negeri seperti Filipina, Malaysia dan lainnya. Tentu kita banyak belajar seperti bagaimana cara bersosialisasi, menjaga supaya menepati waktu, menjaga kesehatan agar tetap fit mengikuti setiap kegiatan. Kemudian, kita harus selalu menjaga dan menjalin pergaulan yang baik dengan pihak lain meskipun berbeda agama, suku dan asal daerah,” paparnya.

Dikatakan, kegiatan-kegiatan yang telah diikuti selama Jamnas ini sangat seru, baik kegiatan teknik kepramukaan, seni budaya, permainan, olahraga, wisata dan lain sebagainya. “Pokoknya sangat menyenangkan, banyak belajar hal baru, dan kegiatannya menantang untuk diikuti,” tambah Ardan.

Baca Juga :  Wabup Mura Motivasi Peserta Pelatihan Karhutla

Uning Rahayu, peserta Jamnas XI dari kontingen Kwarcab Kobar.
Mengaku sangat senang sekaligus berterima kasih karena bisa terpilih sebagai salah satu peserta Jamnas XI 2022. “Saya merasa mendapat banyak hal positif selama mengikuti Jambore Nasional ke 11 ini. Banyak ilmu yang saya dapatkan,” ucapnya.

Dia berpesan kepada rekan-rekannya khususnya sesama peserta Jamnas ini, untuk bisa memberikan hal-hal yang positif yang telah didapatkan selama Jamnas berlangsung. Terapkan ilmu pengetahuan yanh bermanfaat untuk kepentingan lingkungan, keluarga, sekolah dan masyarakat.

“Saya juga berharap kepada teman-teman sebaya saya, agar kita semua selalu bisa menjadi pribadi yang lebih baik, bertanggung jawab serta selalu ceria sesuai dengan tema yang sudah diangkat dalam kegiatan Jamnas ke 11 yaitu Ceria, Berdedikasi dan Berprestasi,” kata Uning Rahayu. (red)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

BACA JUGA