oleh

Jamnas XI, Perluas Pengalaman dan Pertemanan

PESERTA Jambore Nasional (Jamnas) XI dari Kwartir Cabang Kotawaringin Timur (Kwarcab Kotim), Ahmad Fathir Albuchori, mengaku mendapatkan pengalaman baru dan teman baru bisa berkumpul dengan seluruh anggota Penggalang se-Indonesia dan luar negeri.

“Hal yang tidak bisa saya lupa yaitu saat bertukaran atribut Pramuka antar daerah dari seluruh Indonesia dan luar negeri. Hal yang seru juga saat malam pentas seni, di mana setiap daerah menampilkan tarian dari daerah asal masing-masing. Ada juga pada saat tanggal 17 Agustus setiap daerah menunjukkan baju adat daerahnya. Kemudian ada doa lintas agama, di mana semua agama berdoa pada malam itu,” kenangnya, ketika sampai di Pelabuhan Sampit setelah menempuh perjalanan darat dan laut usai mengikuti Jamnas XI Tahun 2022 di Cibubur, Jakarta, baru-baru ini.

Baca Juga :  Pasraman Widya Bhakti Gelar Pendidikan Kepramukaan

Kegiatan lainnya yang cukup menantang dan seru, kata Ahmad Fathir, adalah kampung digital & komputasi awan (cloud computing), kampung pengembangan berkelanjutan, petualangan air (water adventure), TSB-Technology Art and Culture, keterampilan kepramukaan, scouting skills and adventure, wisata edukasi, dan berbagai kegiatan lainnya.

Baca Juga :  Bupati Kapuas Pimpin Musrenbang Perubahan RPJMD Kapuas 2018-2023

“Saya harap ke depannya di Jambore ke XII bisa lebih banyak peserta dari berbagai daerah. Semangat Pramuka itu menyenangkan dan seru, jangan takut dengan Pramuka ya teman-teman,” ucapnya.

Senada, Jani Sifa Rahmawati, peserta putri dari Kwarcab Kotim pada Jamnas XI di Buperta Cibubur ini, juga mengaku sangat senang bisa mengikuti kegiatan Pramuka tingkat nasional.

Baca Juga :  Jamnas XI 2022 Resmi Dibuka

“Saya dapat memperluas pengetahuan saya dan juga bisa bertemu dan berkenalan dengan teman-teman Penggalang dari berbagai daerah bahkan dari luar negeri,” katanya.

Jani Sifa berharap ke depannya terutama untuk teman-teman seusianya, dapat mengikuti kegiatan kepramukaan tingkat nasional di lain kesempatan, dan harus tetap semangat. (red)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

BACA JUGA