oleh

Jamnas XI, Kontingen Kwarda Kalteng Diharapkan Makin Solid

CIBUBUR, inikalteng.com – Meriah dan serunya Jambore Nasional (Jamnas) XI Tahun 2022 di Bumi Perkemahan Cibubur, Jakarta Timur berakhir pada Sabtu, 20 Agustus 2022 sore, setelah ditutup secara resmi oleh Ketua Kwartir Nasional (Kwarnas) Gerakan Pramuka Komjen Pol (purn) Drs Budi Waseso.

Sebanyak 11.000 lebih Pramuka Penggalang dari seluruh Indonesia telah meramaikan acara perkemahan Pramuka tingkat nasional tersebut yang dimulai sejak 12 Agustus 2022 lalu.

Khusus untuk kontingen Kwartir Daerah Kalimantan Tengah (Kwarda Kalteng) yang terdiri atas utusan 13 Kwartir Cabang (Kwarcab) se-Kalteng sebagian besar kini sudah bersiap-siap untuk kembali ke daerah masing-masing. Bahkan kontingen Kwarcab Kotawaringin Timur (Kotim) dan Kwarcab Seruyan terpaksa tidak bisa mengikuti upacara penutupan. Dua kontingen itu sudah lebih dulu berangkat sejak Jumat (19/8/2022) sore menuju ke Surabaya. Karena harus mengejar jadwal keberangkatan kapal laut pada Sabtu malam dari Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya menuju ke Pelabuhan Sampit.

Baca Juga :  Gubernur Minta Masyarakat Tidak Percaya Berita Bohong Soal Vaksin

Sebagian besar anggota kontingen Kalteng yang menggunakan pesawat udara, rata-rata berangkat dari Bandara Soekarno-Hatta pada Senin (21/8/2022), baik yang menuju ke Bansara Tjilik Riwut Palangka Raya (Kalteng) maupun Bandara Syamsudin Noor, Banjarbaru, Kalimantan Selatan.

Ketua Kwarda Kalteng Yulistra Ivo Sugianto Sabran SIkom yang diwakili Andalan Daerah Bidang Pembinaan Anggota Dewasa (Binawasa) Hidayatullah SP MSi usai menghadiri acara penutupan Jamnas XI di Cibubur, Jakarta, berharap ke depan kontingen Kalteng makin solid, makin baik dan makin kuat. Sehingga bisa tampil dan berkompetisi lebih baik lagi.

Baca Juga :  Kwarcab dan Kwarda Kalteng Diharapkan Makin Bersinergi

“Ke depan kita akan evaluasi di mana kekurangan-kekurangan kita untuk kita diperbaiki dalam rangka menghadapi berbagai kegiatan nasional lainnya,” kata Hidayatullah yang juga Kepala Pusat Pendidikan dan Pelatihan Daerah (Kapusdiklatda) Gerakan Pramuka Kwarda Kalteng.

Diungkapkan, dalam Jamnas XI ini cukup banyak prestasi yang berhasil diraih oleh peserta kontingen Kalteng. Selain itu, para Pembina Pendamping Kontingen dari Kalteng juga banyak yang menjadi narasumber dan berkecimpung dalam kepanitiaan untuk membantu pelaksanaan berbagai kegiatan. Bahkan ada kegiatan seminar yang dilaksanakan oleh Pelatih Nasional yang dipimpin oleh Kak Edy Purwanto MAP dari Kwarcab Pulang Pisau.

Baca Juga :  Masyarakat Diharapkan Pahami Pentingnya Vaksinasi

“Ini tentu menjadi prestasi yang membanggakan kita. Atas nama Ketua Kwarda Kalteng, kami mengucapkan terima kasih dan menyampaikan apresiasi kepada semua Kwarcab se-Kalteng atas partisipasi dan kerja samanya dalam Jamnas XI ini,” katanya.

Kepada Pemerintah Daerah Provinsi dan Kabupaten/Kota se-Kalteng, Hidayatullah berharap agar tetap mendukung kegiatan-kegiatan kepramukaan, di antaranya dengan mengalokasikan anggaran untuk kegiatan kepramukaan di tingkat Kwarcab.

“Sesuai hasil Rakerda Pramuka se-Kalteng, baru-baru ini, harapan kita tiap Kwarcab minimal mendapatkan bantuan sebesar Rp250 juta setahun. Jangan sampai Pramuka tidak mendapatkan perhatian. Karena pendidikan kepramukaan adalah untuk menyiapkan anak-anak kita sebagai kader penerus yang memiliki karakter baik,” jelas Hidayatullah. (red)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

BACA JUGA